15 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina (Lengkap dan Jelas)

Loading...
Loading...
Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina - Hello kicau mania dimanapun Anda berada. Selamat datang di blog unsur rimba.. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada Anda tentang cara membedakan lovebird jantan dan betina baik secara fisik maupun non fisik.

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ada di dalam blog ini bisa Anda gunakan untuk burung lovebird jenis apapun dan umur 2 bulan (anakan / paud) atau pun usia dewasa.

Sebetulnya, mudah atau tidaknya membedakan burung lovebird jantan dan betina itu tergantung dari jenisnya. Karena ada beberapa jenis burung lovebird yang bisa dengan mudah dibedakan antara jantan dan betinyanya. Tapi disisi lain ada juga yang memang agak sedikit sulit untuk dibedakan.

cara membedakan lovebird jantan dan betina

Kelompok Lovebird Berdasarkan Tingkat Kesulitan Membedakannya


Setidaknya ada tiga kelompok burung lovebird yang dibagi berdasarkan tingkat kesulitan dalam membedakan antara jantan dan betina, kelompok tersebut adalah Dimorfik, Intermediate dan Lovebird Kaca Mata.

Agar Anda tidak salah langkah dalam menilai jenis kelamin dari burung lovebird peliharaan Anda, sebaiknya Anda pahami dulu ketiga jenis kelompok tersebut.

Penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini..

Dimorfik (Kelompok yang Mudah di Bedakan)


Kelompok yang satu ini adalah kelompok burung lovebird yang mudah dibedakan antara jantan dan betinanya. Bahkan orang yang tidak terlalu begitu paham tentang burung lovebird pun bisa saja mengetahuinya.

Dengan melihat secara fisik saja kelompok lovebird yang satu ini sudah bisa ditebak mana yang jantan dan mana yang betinanya.

Adapun jenis burung lovebird yang tergabung dalam kelompok Dimorfik adalah

  • Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)
  • Lovebird Madagaskar (Agapornis Cana)
  • Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)

Intermediate (Kelompok yang Sedikit Sulit Untuk Dibedakan)


Bisa di bilang kelompok burung lovebird yang satu ini susah susah gampang untuk dibedakan antara jantan dan betinanya. Ada perlakuan khusus yang mesti dilakukan untuk mengetahui apakah burung lovebird tersebut jantan atau betina.

Tidak bisa hanya dilihat secara fisik, karena terkadang secara fisik terlihat seperti jantan tapi ternyata itu adalah betina.

Adapun jenis burung lovebird yang tergabung dalam kelompok Intermediate adalah lovebord jenis Black Collared (Agapornis Swinderniana)

Kaca Mata (Kelompok yang Sangat Sulit Untuk Dibedakan)


Kelompok ini adalah jenis lovebird yang paling sulit untuk dibedakan antara jantan dan betinanya karena secara fisik memang sangat sulit untuk di identifikasi.

Jika Anda tidak jeli dalam mengamatinya, bisa saja hal ini menjadi keliru yang Anda kira jantan ternyata malah betina.

Adapun jenis burung lovebird yang tergabung di dalam kelompok Kaca Mata ini antara lain adalah

  • Lovebird Topeng (Agapornis Personata)
  • Lovebird Fischer (Agapornis Ficheri)
  • Lovebird Nyasa (Agapornis Lilianae)
  • Lovebird Pipi Hitam (Agapornis Nigrigenis)

Silahkan Anda pahami dulu burung lovebird peliharaan Anda termasuk kedalam kelompok yang mana. Baru setelah itu Anda bisa menentukan cara seperti apa yang bisa diterapkan untuk mengetahui apakah burung lovebird tersebut jantan atau betina.

Untuk cara membedakan lovebird jantan dan betina, silahkan simak dibawah ini..

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina


Perbedaan lovebird jantan dan betina dapat Anda ketahui dengan beberapa cara yang ada di bawah ini. Tentu saja, Anda harus tahu dulu, burung lovebird Anda itu termasuk kelompok yang mana. Sekali lagi, jangan lupa diperiksa dulu ya. Baca lagi dengan teliti tulisan di atas.

1. Bentuk Paruh Pada Burung Lovebird


bentuk paruh burung lovebird

Bentuk paruh bagian atas pada burung lovebird jantan cenderung lebih runcing, mancung dan lancip, sedangkan bentuk paruh bagian atas pada burung lovebird betina cenderung lebih tumpul, melebar dan besar.

2. Bentuk Tubuh Pada Burung Lovebird


bentuk tubuh burung lovebird

Bentuk tubuh pada burung jantan cenderung lebih kecil dan panjang, sementara burung lovebird betina tubuhnya lebih bulat dan pendek. Dan hal ini biasa terjadi pada beberapa hewan di dunia ini.

3. Bentuk Sayap Saat Diam


bentuk sayap burung lovebird

Cara ini hanya bisa dilakukan ketika burung lovebird sedang diam, jika sedang bergerak atau terbang akan sangat sulit untuk mengamatinya.

Baca Juga: Download Suara Burung Lovebird Gacor Mp3

Bentuk sayap pada burung lovebird jantan saat ia sedang diam ujungnya saling menyilang seperti huruf "X", sedangkan burung lovebird betina saat diam sayapnya sejajar bahkan ada beberapa yang tidak saling bertemu sepertu huruf "U".

4. Bentuk Ekor


bentuk ekor burung lovebird

Saat diam, burung lovebird jantan bentuk ujung ekornya runcing seperti huruf "V", sedangkan burung lovebird betina bentuk ujung ekornya lebih melebar seperti huruf "U". Tapi ada beberapa jenis burung lovebird yang bentuk ujung ekornya serupa. Jadi hati-hati, pahami dulu jenis dari burung lovebird Anda termasuk kedalam kelompok yang mana (lihat pada bagian kelompok di bagian atas artikel ini)

5. Bentuk Kepala Bagian Atas


bentuk kepala burung lovebird

Bagian ini Anda harus memperhatikan dengan teliti, karena bentuknya sangat tipis sekali.

Untuk bentuk bagian atas kepala lovebird jantan biasanya berbentuk rata sedangkan untuk burung lovebird betina biasanya lebih bulat.

6. Posisi Kaki Saat Bertengger


posisi kaki saat bertengger

Perhatikan posisi kaki burung lovebird saat bertengger. Biasanya burung lovebird jantan posisi kakinya lebih rapat, sedangkan untuk betina biasanya posisi kaki akan lebih lebar.

Cara ini memang tidak selalu akurat, tapi tidak ada salahnya untuk Anda coba.

7. Cincin Emas, Pendulum / Jarum yang Di Ikat


pendulum yang di ikat di atas kepala burung lovebird

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikat cincin emas, pendulum atau jarum pada seutas benang, lalu pegang burung lovebird Anda menggunakan tangan. Setelah itu letakkan cincin emas, pendulum atau jarum yang sudah di ikat di atas kepala burung lovebird dengan jarak kurang lebih 3 sampai dengan 4 cm.

Baca Juga: Cara Mengetahui Umur Lovebird Secara Fisik

Jika cicin emas, pendulum atau jarum bergerak satu arah (maju mundur), hal itu menandakan bahwa burung tersebut berkelamin jantan, sedangkan jika bergerak berputar maka burung tersebut adalah betina.

Anda mungkin heran, ko bisa cincin emas, pendulum atau jarum digunakan untuk mengetahui jenis kelamin dari burung lovebird?

Menurut sebagian orang yang sudah melakukan hal ini, setiap mahluk hidup memiliki medan magnet pada tubuhnya. Dan arus dari medan magnet ini berbeda antara jantan dan betina. Hal ini dipercaya dapat mengetahui jenis kelamin dari burung lovebird.

8. Bentuk Supit Udang


capit udang burung lovebird

Supit udang, capit udang, capit hurang, atau tulang pubis biasanya terletak pada bagian bawah burung. Saat disentuh, Anda bisa merasakan apakah jaraknya lebar atau rapat. Jika lebar maka itu adalah burung loveberd betina namun jika rapat dan runcing maka itu adalah jantan.

9. Bentuk Lubang Hidung


bentuk lubang hidung burung lovebird

Bentuk lubang hidung pada burung lovebird jantan biasanya berbentuk lonjong atau oval sedangkan burung lovebird betina lubang hidungnya lebih bulat dan lebar.

10. Lingkar Klep (Kaca Mata)


lingkar klep mata burung lovebird

Lingkar Klep atau kacamata pada burung lovebird jantan biasanya berbentuk lebih lonjong sedangkan yang betina bentuk lingkar klep lebih bulat.

Anda harus teliti saat memperhatikan hal ini, karena memang tidak mudah untuk membedakannya.

11. Bentuk Kloaka atau Pen Lovebird


kloaka burung lovebird

Biasanya cara ini dilakukan berbarengan dengan bentuk supit, karena letaknya yang berdekatan. Bentuk kloka burung lovebird jantan biasanya lebih menonjol dan ada bulu halus disekitarnya, sementara untuk betina bentuknya lebih oval dan rata.

12. Tes DNA


Cara ini adalah cara yang bisa dibilang tingkat keakuratannya mencapai 99%. Jika Anda tidak mau repot atau mungkin tidak paham dengan cara di atas, Anda bisa melakukan cara ini. Silahkan Anda cari lembaga yang mengadakan jasa tes DNA burung lovebird untuk mengetahui jenis kelaminnya.

13. Prilaku Pada Saat Birahi


Cara ini juga bisa dibilang cukup efektif karena pada dasarnya karakter dari burung jantan dan betina sedikit berbeda. Untuk membedakannya, burung lovebird jantan saat birahi akan menganggukkan kepalanya, sedangkan burung lovebird betina akan mengepakkan sayapnya.

14. Prilaku Saat Hendak Kawin


Selain saat birahi, karakter burung lovebird juga bisa dilihat saat ia hendak kawin. Burung lovebird jantan biasanya cenderuk ingin naik ke atas punggung lawan jenisnnya. Sementara burung lovebird betina biasanya lebih membungkukkan badan sambil mengepakkan sayapnya.

15. Prilaku Saat Membangun Sarang


Cara ini mungkin terbilang telat, karena biasanya orang mencari jenis kelamin burung lovebird saat sebelum bertelur. Tapi tidak masalah, karena siapa tau Anda membutuhkannya.

Burung lovebird jantan ketika membangun sarang akan mencari jerami atau ranting kayu yang akan diberikan kepada betina. Burung betina yang menerima jerami atau ranting dari jantan yang akan membangun sarangnya.

Saya rasa cukup jelas ya bagaimana cara membedakan lovebird jantan dan betina? Silahkan Anda baca ulang lalu jangan lupa untuk di praktikan agar Anda bisa dengan mudah memahaminya.

Baca Juga: Cara Beternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur

Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Semoga apa yang ada di dalam blog ini bisa bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa dilain kesempatan.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "15 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina (Lengkap dan Jelas)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel