Rahasia Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Konslet

Loading...
Loading...
Selamat datang di blog unsur rimba. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada Anda tentang racikan pakan lovebird agar ngekek panjang dan konslet serta bisa menjadi juara lomba.

Siapa sih yang tidak ingin burung lovebirdnya memiliki stamina yang bagus dan bisa berkicau dengan durasi yang lama? Saya yakin semua kicau mania pasti ingin seperti itu.

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang ingin burung lovebirdnya bisa ngekek dan konslet, salah satunya supaya bisa memenangkan perlombaan.

Kenapa perlombaan? Karena ketika burung lovebird seseorang sudah bisa menjuarai suatu perlombaan maka kualitas dan harga burung lovebird akan meningkat.

Dari sisi materil, ini akan sangat menguntungkan untuk sang pemilik karena ia bisa mendapatkan banyak uang nantinya. Dari sisi pesikologi, pemilik akan mendapatkan kepuasan tersendiri yang tidak bisa di ungkapkan oleh kata-kata.

Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang

Penting: Saya beritahukan kepada Anda bahwa artikel ini akan membahas 2 racikan pakan lovebird ngekek dan 1 racikan lovebird konslet. Diharapkan Anda membacanya sampai tuntas dan perlahan agar tidak ada yang terlewatkan sedikitpun.

Setelah Anda membaca artikel ini sampai selesai, Anda akan mengetahui apa saja racikan manjurnya dan bagaimana cara membuatnya.

Benarkah Racikan Pakan Bisa Bikin Lovebird Ngekek Panjang?


Sebelum masuk ke materi, mungkin ada yang masih bingung dan bimbang juga nih apakah benar membuat racikan pakan untuk lovebird bisa membuat ia mempunyai kualitas untuk ngekek panjang dan konslet?

Menurut para master burung lovebird yang sudah pernah sharing tentang hal ini, mereka bilang bahwa pakan adalah salah satu faktor penting yang bisa mendukung kemampuan burung lovebird untuk bisa berkicau dengan ngekek panjang dan konslet. Jadi mereka pun mempunyai racikan pakan untuk membuat lovebirdnya bisa ngekek panjang dan menjadi juara lomba.

Hal serupa juga dialami oleh Mas Anto, ia adalah salah satu master penangkaran burung lovebird juara yang sudah sering malang melintang di dalam berbagai macam perlombaan burung lovebird.

Lelaki yang kerap di sapa Mas Anto Sragen ini merupakan salah satu pencetak burung lovebird juara karena mempunyai racikan pakan sendiri untuk membuat lovebirdnya dapat ngekek panjang.

Mas Anto selalu mengingatkan untuk sebisa mungkin kita memberikan pakan racikan kepada burung lovebird sedini mungkin (usia muda) karena hal ini dipercaya lebih efektif membuat burung lovebird lebih ngekek panjang dibandingkan dengan metode lainnya. Jadi metode ini bukan hanya bisa dilakukan untuk lovebird dewasa saja, tapi lovebird anakan atau paud juga bisa.

Mas Anto juga percaya bahwa memberikan racikan pakan pada burung lovebird sedari masih kecil dan konsisten hingga dewasa akan membuat burung lebih terbiasa dan tidak kaget sehingga akan meningkatkan performanya pada saat perlombaan.

Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang yang Pertama


Saya akan mulai dari makanan utamanya dulu. Racikan ini diambil dari tips yang diberikan oleh Mas Anto.

Makanan utama yang diberikan adalah milet putih, canary seed, beras merah dan juga jagung muda. Anda juga bisa menambahkan voer BR1, dan jika ada maka lebih bagus lagi voer khusus breeding.

Kita mulai dari anakan dulu.

Pakan Racikan Lovebird Konslet

Secara teknis, biarkan anakan di dalam kandang bersama indukannya (jika masih di lolohkan oleh indukannya), setelah dewasa (sudah bisa makan sendiri tanpa dilolohakan) baru pisahan lovebird dengan indukannya.

Pada saat ini kita sudah bisa memberinya makanan utama yaitu beras merah, milet putih dan canary seed yang dicampurkan dengan perbandingan 5 (milet) : 2 (beras merah) : 1 (canary seed) maskdunya adalah 5:2:1.

Untuk jagung muda tidak usah diberikan setiap hari, cukup diberikan satu kali dalam seminggu saja. Kalau Mas Anto biasanya memberikan jagung muda pada hari sabtu atau satu hari sebelum perlombaan berlangsung.

Kenapa hari sabtu? Karena biasanya lomba diadakan hari minggu, jadi diberi jagung hari sabtu (sehari sebelum atau H-1). Kenapa sehari sebelum lomba? Pahami dulu bahwa jagung adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein yang kandungannya cukup tinggi sehingga esok harinya saat perlombaan berlangsung maka burung lovebird akan mempunyai energi dan kekuatan yang mencukupi.

Bahan Meracik Pakan Lovebird


1. Milet (Sesuaikan dengan kebutuhan)
2. Telur Ayam (Sesuaikan dengan milet)
3. Tulang Sotong (Sesuaikan dengan kebutuhan)

Cara Meracik Pakan Lovebird


  • Keringkan milet agar kulit bagian luar yang keras dapat menyerap bahan-bahan lain yang nanti akan digunakan. Untuk mengeringkannya bisa dengan cara dijemur atau di oven. Lebih disarakan menggunakan oven dengan suhu 150 derajat selama 3 sampai dengan 5 menit.
  • Cuci telur lalu Pecahkan telur dan aduh hingga merata di dalam wadah.
  • Kumpulkan cangkang telur lalu dikeringkan di dalam oven selama beberapa menit sampai kering.
  • Setelah kering, blender cangkang telur hingga berubah menjadi tepung.
  • Siapkan tulang sotong, lalu ambil bagian tengahnya yang berwarna putih. Hancurkan hingga menjadi tepung dengan cara diblender. Jika ada yang keras dan sulit hancur silahkan dibuang saja.
  • Campurkan tepung cangkang telur dan tulang sotong kedalam telur yang sudah di kocok hingga tercampur rata.
  • Campurkan adonan yang sudah jadi kedalam milet yang sudah dikeringkan secara perlahan sambil di aduk hingga rata.
  • Keringkan dengan cara di angin-anginkan hingga semua bahan tercampur dan meresap kedalam biji milet.
  • Setelah mengering, segera berikan pakan tersebut pada burung lovebird Anda.

Racikan Pakan Lovebrid Agar Ngekek Panjang Kedua



Sekarang kita bahas pakan racikan lovebird yang kedua, sekilas prosesnya hampir saya, hanya saja bahan yang digunakannya sedikit berbeda.

Bahan yang perlu disiapkan


3/4 milet putih
2 sendok teh garam
4 lembar daun pepaya muda
10 lembar daun binahong
4 lembar daun mengkudu muda
2 ruas jahe seukuran jempol orang dewasa
1 liter air bersih

Cara Meracik Pakan Lovebird Kedua


  • Cuci milet putih sampai bersih dan direndam sesaat (sambil menyiapkan bahan lain). Saat direndam lihat apakah ada milet yang mengapung, jika ada yang mengapung maka ambil dan buang saja karena itu menandakan kualitasnya tidak baik.
  • Bersihkan dedaunan (pepaya, binahong, mengkudu) lalu potong kecil-kecil dan di haluskan menggunakan blender.
  • Kupas jahe lalu diparut hingga halus.
  • Siapkan panci yang berisi satu liter air dengan campuran garam, lalu masukkan halusan dedaunan dan juga jahe tadi kedalamnya. Rebus dengan api sedang selama 10 menitan. Setelah itu di angkat dan di tiriskan.
  • Jika sudah dingin, tuangkan air rebusan tadi kedalam sebuah wadah dengan cara di saring agar ampasnya tidak ikut terbawa.
  • Tiriskan milet yang sudah direndam lalu campurkan air rebusan tadi kedalam wadah milet.
  • Tunggu beberapa jam sampai air ramuan itu meresap kedalam biji milet.
  • Setelah dirasa sudah meresap, jemur biji milet selama beberapa hari hingga mengering.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Kroto Untuk Burung Lovebird

Setelah kering, berikan pada burung lovebird Anda.

Pakan Racikan Lovebird Konslet Ala Belalang Tempur


Tunggu.. Siapa itu belalang tempur? Belalang tempur adalah nama dari burung lovebird baby atau anakan atau paud milik bapak Abdul Fatah yang beberapa waktu lalu ramai dibicarakan oleh pecinta burung lovebird wilayah Jakarta.

Racikan Pakan Lovebird Paud

Kenapa bisa dibicarakan? Ternyata belalang tempur ini adalah burung lovebird yang memiliki prestasi gemilang dikelasnya. Lihat saja, usianya baru 3 bulan 2 minggu tetapi ia sudah bisa mengoleksi hampir 20 kali juara 1 dalam waktu 1 bulan.

Suara kicau burung lovebird belalang tempur itu dilakukan sambil tidur (memecamkan mata), seolah-olah cuek dengan lawannya. Kinerjanya hampir tanpa jeda. Nariknya bisa puluhan kali dan bisa bermain lebih dari 3 sesi.

Maka dari itu, sudah lebih dari 30 orang yang menawar belalang tempur, bahkan yang terbesar ada yang menawar hingga 20 juta tapi beliau tidak melepasnya, karena ingin melihat seperti apa nanti besarnya si belalang tempur ini.

Baca Juga: Racikan Jamu Tradisional Untuk Lovebird Agar Ngekek Panjang

Dibalik itu semua ternyata bapak Abdul Fatah ini gemar melakukan expreimen untuk membuat racikan pakan lovebirdnya. Saat ada yang bertanya pada beliau tentang racikan seperti apa yang beliau buat untuk lovebirdnya, dengan senang hati beliau menjawab dan mengatakan menggunakan bahan utama bawang putih, tapi bukan bawang putih sembarangan, melainkan bawang putih tunggal.

Kandungan bawah putih tungga sangat banyak sekali, diantaranya adalah minyak atsiri, kalsium, protein, allicin, saltivine, lemak, zat besi, fosfor, vitamin B1, A dan C.

Manfaatnya untuk burung adalah untuk menambah kekebalan tubuh dari serangan penyakit dan menambah stamina agar tidak cepat lelah.

Cara Membuat Racikan Pakan Lovebird Belalang Tempur



  1. Parut beberapa siung bawang putih hingga halus, lalu campurkan dengan air hangan secukupnya saja.
  2. Setelah tercampur dengan air, lalu saring air tersebut hingga terpisah dengan sisa ampas bawah putih.
  3. Lalu campurkan rendaman air bawang putih tadi ke dalam milet selama beberap jam hingga meresap.
  4. Setelah meresap, keringkan milet dengan cara dijemur atau kedalam oven.


Perawatan Burung Lovebird Belalang Tempur


Perawatan yang dilakukan kepada belalang tempur sangat sederhana.

Pertama rutin memandikannya setiap malam hari sekitar jam 18:00, dan sangat jarang sekali dijemur.

Berikan makanan berupa milet yang sudah diracik menggunakan bawang putih tadi.

Untuk persiapan lomba, berikan jagung muda secukupnya saat H-1 sampai memasuki hari H.

Jangan lupa juga untuk memberikan Ebod Strong selama 2 kali seminggu dengan dosis 2 sampai dengan 3 tetes saja pada air minum burung lovebird.

Perlu diperhatikan bahwa agar burung lovebird dapat menaikan durasi dan suaranya lebih kristal, pemberian ebod strong harus yang terbuat dari bahan yang alami atau herbal.

Bagaimana, mudah bukan semua cara di atas? Yuk searang waktunya Anda praktik dan praktik. Uji coba dan experimen untuk mendapatkan yang terbaik, hasilnya tidak akan menghianati.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Lovebird yang Baik dan Benar

Sekian pembahasan tentang racikan pakan lovebird agar ngekek panjang dan konslet. Semoga apa yang ada di dalam blog ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung. Salam kicau mania.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "Rahasia Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Konslet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel