7 Perbedaan Cendet atau Pentet Jantan dan Betina (Lengkap)

Loading...
Loading...
Perbedaan Cendet Jantan dan Betina - Burung cendet atau ada juga orang yang menyebutnya dengan burung pentet atau toet memang jika dilihat sekilas, agak sulit untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betinanya.

Tapi sebetulnya, cara membedakan cendet jantan dan betina ini bisa Anda lakukan dengan mudah, yaitu dengan cara melihat perbedaan cendet jantan dan betina dari ciri ciri fisiknya saja.

Mungkin bagi orang yang sudah lama mengenal dan memelihara burung cendet, tidak akan kesulitan lagi untuk membedakan cendet jantan dan betina. Tapi bagaimana dengan mereka yang masih pemula dan awam? Pasti bingung.

perbedaan cendet jantan dan betina

Untuk itulah artikel ini dibuat agar dapat memberikan Anda informasi bagaimana cara membedakan burung cendet jantan dan betina yang akurat.

Perbedaan cendet jantan dan betina yang akan dibahas pada artikel ini bukan hanya bisa dilakukan untuk burung yang sudah dewasa saja, tapi juga bisa dipraktikan pada burung yang masih anakan atau trotol.

Selain itu, cara membedakan burung cendet jantan dan betina yang ada di bawah ini juga bisa Anda lakukan untuk cendet jenis apapun, baik cendet madura, cendet raja, cendet jawa tengah, cendet coklat dan lain sebagainya.

Cara Membedakan Burung Cendet Jantan dan Betina Dewasa


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perbedaan yang bisa Anda lihat untuk mengetahui jenis kelamin burung cendet adalah dengan melihat ciri fisiknya. Apa saja ciri fisik yang mesti dilihat? Berikut penjelasannya.

Perbedaan dari Ukuran Paruhnya


Jika Anda bandingkan, maka akan dapat terlihat bahwa paruh dari burung cendet jantan itu ukurannya lebih tebal. Sementara burung cendet betina ukuran paruhnya lebih tipis. Anda bisa melihat perbedaan ini apabila burung cendet tersebut disejajarkan. Tapi Anda perlu perhatikan dengan cara lain juga, sebab ada beberapa burung cendet betina yang memang mempunyai ukuran paruh yang tebal juga.

Perbedaan dari Warna Bulu Kepala dan Pipinya


kepala cendet jantan dan betina

Perbedaan cendet jantan dan betina yang satu ini juga bisa Anda lihat dengan sangat mudah. Untuk burung cendet jantan, bulu pada bagian kepala hingga tengkuknya berwarna hitam pekak. Sementara cendet betina, warna hitam pada bagian kepalanya tidak terlalu pekat, cenderung memudar ketika mendekati tengkuknya.

Lihat Juda: Download Suara Burung Cendet Full Isian Mp3

Untuk bagian pipi burung cendet jantan juga berwarna hitam pekat. Sementara pada bagian pipi cendet betina, warna hitamnya tidak begitu pekat.

Perbedaan dari Suara Kicauannya


Untuk mengetahui jenis kelamin burung cendet jantan atau betina dengan cara ini memang dibutuhkan pengalaman agar tidak salah. Sebab jika tidak berpengalaman, Anda akan bingung sendiri membedakannya nanti. Pertama untuk suara burung cendet jantan akan terdengar lebih keras, bervariasi dan juga lebih lihai dalam menirukan suara burung lain. Sementara yang betina, karakter suaranya lebih lembut, tidak terlalu keras dan juga monoton.

Perbedaan dari Bentuk Kepalanya


Cara membedakan burung cendet jantan dan betina yang satu ini harus Anda perhatikan dengan benar. Pada cendet jantan, ukuran kepalanya cenderung lebih datar dan juga ceper. Sementara burung cendet betina, ukuran kepalanya cenderung lebih bulat dan juga menggelembung. Anda dapat memperhatikan kedua perbedaan ini jika burung cendet tersebut disejajarkan.

Perbedaan dari Bentuk Supitnya


supit urang burung cendet

Cara membedakan cendet jantan dan betina yang satu ini mesti Anda pegang dulu burungnya, jadi tidak bisa hanya dilihat dari jauh. Jika diperhatikan, supit burung cendet jantan bentuknya lebih kecil, panjang, rapat serta keras dan terdapat bulu yang tidak beraturan disekitarnya. Sementara untuk cendet betina, supitnya lebih besar dan renggang dan juga terdapat bulu yang bagus dengan bentuk seperti bunga.

Perbedaan Cendet Jantan dan Betina Trotolan


perbedaan cendet jantan dan betina trotolan

Warna Pada Bulu Ekornya


Jika Anda mempunyai atau ingin memelihara burung cendet yang masih trotolan, maka Anda bisa memilih cendet jantan dengan ciri bulu ekornya yang mempunyai warna hitam pekat. Sementara yang betina, warna ekornya tidak begitu hitam pekat, tapi agak samar-samar.

Warna Pada Bulu Sayapnya


Anda dapat melihat warna pada sayap burung cendet yang masih trotolan. Ketika sayapnya dibuka, akan terlihat warna putih. Untuk jantan, biasanya warna putih pada sayapnya akan terlihat lebih tebal, bersih dan banyak. Sementara untuk betina, warna putih pada sayapnya cenderung lebih sedikit, kusam dan pudar.

Ciri Ciri Fisik Burung Cendet Jantan dan Betina


Jika dari beberapa perbedaan di atas, Anda masih merasa bingung. Berikut ini akan saya berikan ciri ciri dari burung cendet jantan dan betina yang lebih singkat, sehingga Anda akan dengan mudah memahaminya. Berikut ini penjelasannya.

Lihat Juga: 7 Perbedaan Burung Sirtu atau Cipoh Jantan dan Betina

Ciri Ciri Cendet Jantan Dewasa



  • Bentuk kepalanya lebih datar dan juga ceper
  • Warna pada bagian kepala, dari dahi sampai tengkuknya berwarna hitam pekat
  • Bagian pipinya berwarna hitam pekat
  • Bentuk paruhnya lebih tebal
  • Raut wajahnya lebih menyeramkan
  • Tatapan matanya tajam
  • Prilakunya gesit dan juga agresif
  • Tulang pubis atau supit urang lebih kecil, panjang, sempit dan juga keras
  • Bulu pada sekitaran supit tidak beraturan


Ciri Ciri Cendet Betina Dewasa



  • Bentuk kepala lebih bulat dan menggelembung
  • Bulu kepalanya berwarna hitam, namun semakin ke tengkuk warnanya semakin memudar
  • Warna hitam pada bulu pipinya lebih pudar
  • Biasanya mempunyai paruh yang tipis
  • Raut wajahnya tidak begitu seram
  • Tatapan matanya biasa saja
  • Prilakunya lebih tenang
  • Supit atau tulang pubisnya lebih renggang, lebar dan lunak
  • Bulu pada sekitaran supit terlihat seperti bunga


Itu dia pembahasan kali ini tentang perbedaan burung cendet jantan dan betina. Jika Anda masih bingung, coba baca kembali dari awal dengan perlahan dan fokus. Semoga apa yang sudah di sampaikan di dalam blog ini bisa memberikan manfaat serta informasi yang berharga untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Salam kicau mania.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "7 Perbedaan Cendet atau Pentet Jantan dan Betina (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel