6 Perbedaan Burung Sirtu atau Cipoh Jantan dan Betina

Loading...
Loading...
Perbedaan Sirtu Jantan dan Betina - Burung sirtu mempunyai beberapa nama lain seperti cipoh, cipo dan juga sirpu. Bagi yang masih awam, mungkin akan kesulitan ketika akan membedakan burung sirtu jantan dan betina.

Hal ini wajar terjadi karena burung sirtu jantan dan betina bisa dibilang penampilan serta warnanya yang mirip.

Tapi bagi kicau mania yang sudah kenal lama dengan burung ini, pasti sudah tidak akan kesulitan lagi jika ditanya tentang cara membedakan sirtu jantan dan betina.

perbedaan sirtu jantan dan betina

Sebetulnya, perbedaan sirtu jantan dan betina dapat dilihat hanya dari segi fisiknya saja. Jadi nantinya Anda tidak akan terlalu kesulitan untuk mempelajari cara membedakannya.

Dibawah ini, saya akan berikan beberapa cara untuk membedakan burung sirtu jantan dan betina yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Cara ini bisa Anda lakukan untuk burung sirtu jenis apapun, baik yang sudah dewasa, anakan, lolohan, ombyokan, trotol, liar atau tangkapan hutan dan lain sebagainya. Silahkan disimak dengan baik.

Perbedaan Sirtu Jantan dan Betina Secara Fisik


Setidaknya ada 6 hal yang bisa Anda lihat untuk membedakan sirtu jantan dan betina. 6 hal ini bisa Anda lihat dan langsung dipraktikan dengan sangat mudah, tapi juga butuh ketelitian yang tinggi.

Perbedaan dari Bulu Ekornya


Cara membedakan sirtu atau cipoh jantan dan betina yang satu ini mungkin akan lebih jelas dilakukan apabila burung sudah berusia dewasa. Burung sirtu jantan biasanya mempunyai ekor yang tidak mengembang. Sementara burung sirtu betina biasanya mempunyai bulu ekor yang mengembang atau nyeprok.

Perbedaan dari Postur Tubuhnya


Jika dilihat dengan sangat teliti, Anda bisa membedakan sirtu jantan dan betina dari posisi badannya saat ia berdiri atau bertengger. Untuk jantan, posisi badannya saat berdiri akan terlihat lebih tegak, bentuk tubuhnya ramping dan juga panjang. Sementara yang betina, posisi badannya cenderung lebih merunduk, bentuk tubuhnya bulat dan juga pendek.

Perbedaan dari Warna Bulunya


warna sirtu jantan dan betina

Secara umum, warna bulu pada burung sirtu jantan akan terlihat lebih mengkipat dengan perpaduan warna garis-garis pada sayapnya yang lebih terang. Sementara yang betina, warna bulunya terlihat lebih kusam dan warna garis pada sayapnya tidak terlalu tajam.

Untuk membedakan sirtu jantan dan betina dari bulunya, Anda harus lihat dulu apakah burung Anda hasil tangkapan hutan liar atau hasil dari penangkaran. Biasanya, burung hasil tangkapan liar sedikit berbedan warnanya dengan burung hasil penangkaran.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, sepeti faktor makanan dan juga faktor kebiasaan hidupnya.

Untuk sirtu jantan dan betina lolohan hasil ternakan, bisanya mempunyai warna bulu yang sama-sama kusam (tidak cerah), sementara yang hasil tangkapan alam liar biasanya mempunyai warna bulu yang lebih cerah.

Kesimpulannya, cara membedakan sirtu jantan dan betina dari warna bulunya hanya efektif dilakukan untuk burung sirtu bakalan hasil tangkapan hutan. Sementara yang hasil penangkaran atau ternak tidak terlalu efektif.

Perbedaan dari Warna Lidahnya


lidah sirtu jantan

Cara membedakan sirtu atau cipoh jantan dan betina yang satu ini mungkin adalah cara yang paling banyak dilakukan. Untuk sirtu jantan, biasanya mempunyai warna lidah yang hitam pekat, sementara yang betina mempunyai warna lihat yang masih hitam tapi tidak pekat atau agak putih.

Tapi cara ini hanya efektif jika dilakukan kepada burung yang sudah dewasa dengan usia minimal satu tahun. Jika usia sirtu dibawah itu, mungkin akan agak sulit membedakannya.

Perbedaan dari Jumlah Anakannya


Jika Anda sudah memelihara burung sirtu dewasa yang sudah bertelur, Anda bisa memprediksi jenis kelamin dari jumlah anakan atau telurnya tersebut. Jika telur dalam sangkar hanya satu butir, maka kemungkinan anakan itu berjenis kelamin jantan. Jika ada dua telur, maka anakannya kemungkinan besar sepasang antara jantan dan betina. Apabila jumlah telurnya ganji (misalnya 3), maka yang dua adalah jantan dan yang satu lagi betina.

Perbedaan dari Suara Kicaunya


Pada saat burung sirtu masih anakan, biasanya burung jantan akan lebih sering bunyi dengan bunyi yang nyecret. Sementara yang betina cenderung lebih diam.

Untuk yang sudah dewasa, suara kicau burung sirtu jantan biasanya lebih lantang, nyaring / keras dan juga bervariasi. Sementara yang betina cenderung lebih pelan dan juga monoton.

Ciri Ciri Burung Sirtu Jantan dan Betina


burung sirtu jantan dan betina

Untuk lebih mempermudah lagi dalam mebedakan sirtu atau cipoh jantan dan betina, Anda bisa juga lihat kesimpulan dari ciri ciri fisiknya sebagai berikut ini.

Ciri Ciri Burung Sirtu Jantan



  • Warna bulu lebih terang dan tegas
  • Suara kicaunya lebih keras, lantang dan juga bervariasi
  • Warna garis putih pada sayapnya lebih terang
  • Posisi berdirinya lebih tegap dan gagah
  • Bentuk tubuhnya ramping dan juga panjang
  • Ukuran kepalanya lebih besar


Ciri Ciri Burung Sirtu Betina



  • Warna bulunya lebih kusam
  • Suara kicauannya lebih pelan dan monoton
  • Warna garis putih pada sayapnya lebih samar
  • Posisi berdirinya lebih menunduk
  • Betuk tubuhnya lebih bulat dan pendek
  • Ukuran kepalanya lebih kecil


Pada intinya, untuk dapat mengetahui perbedaan burung sirtu atau cipoh jantan dan betina tidak hanya bisa dilakukan dari satu hal saja. Sebelumnya, Anda juga harus mengetahui dulu usia burung itu berapa dan asal burung itu dari mana, apakah hasil tangkapan liar di hutan atau hasil penangkaran.

Baca Juga: Tips Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina

Jika sudah mengetahui beberapa hal tersebut, baru Anda bisa menentukan kira-kira faktor yang mana yang bisa Anda lihat dan gunakan dengan akurat.

Sekian pembahasan kali ini tentang cara membedakan burung sirtu atau cipoh jantan dan betina. Semoga apa yang sudah disampaikan di dalam blog ini bisa bermanfaat serta memberikan informasi berharga untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Salam kicau mania.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "6 Perbedaan Burung Sirtu atau Cipoh Jantan dan Betina"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel