Tips Cara Mengetahui Umur Lovebird Dari Ciri Ciri Fisiknya

Loading...
Loading...
Bagi Anda yang baru terjun di dalam dunia kicau mania khususnya burung lovebird, pasti sedikit banyak akan mengalami kesulitan ketika ingin mengetahui umur burung lovebird.

Usia burung lovebird harus Anda ketahui ketika Anda hendak membedakan lovebird paud dan dewasa.

Ada beberapa alasan seseorang ingin membedakan usia burung lovebird paud dan dewasa. Diantaranya adalah untuk menjodohkan lovebird atau mendaftarkan lomba sesuai kelas dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang belum tahu, saat ini perlombaan lovebird bukan hanya untuk kelas yang sudah dewasa saja, tetapi lovebird paud atau balibu juga sudah ada kelas lombanya sendiri.

usia burung lovebird

Jika Anda ingin mengikuti perlombaan itu, otomatis Anda harus tahu dulu apakah burung lovebird Anda sudah dewasa atau masih paud. Karena nantinya akan ada pemeriksaan saat burung di daftarkan.

Burung yang batas usianya tidak sesuai dengan kriteria, secara otomatis tidak akan bisa ikut lomba.

Kriteria lomba lovebird paud biasanya yang berusia dibawah 6 atau 5 bulan. Jika sudah di atas umur itu, tidak akan bisa ikut.

Untuk mengetahui umur lovebird sebetulnya gampang-gampang susah. Disini saya akan berikan caranya yang sangat mudah, yaitu dengan melihat ciri fisik burung lovebird. Cara ini bisa Anda lakukan baik untuk mengetahui usia burung lovebird jantan dan juga lovebird betina.

Cara Mengetahui Umur Lovebird Secara Fisik


Dengan melihat beberapa ciri fisik di bawah ini, Anda bisa dengan mudah mengetahui usia burung lovebird.

Cek Warna Paruh Burung Lovebird


Ada dua wanra paruh pada jenis burung lovebird, yang satu warna paruhnya merah dan yang satu lagi warna paruhnya putih. Silahkan perhatikan dulu warna paruh burung lovebird Anda jenis yang merah atau yang putih.

paruh burung lovebird

Untuk yang merah sedikit lebih mudah dibedakan usianya. Ketika masih anakan, lovebird yang warna paruhnya merah akan terlihat bercak hitam di paruhnya, hal ini menunjukkan bahwa usia lovebird tersebut masih sekitar 2 sampai 3 bulanan. Sementara yang dewasa sudah tidak ada bercak hitamnya lagi, tetapi warna merahnya lebih bersih dan lebih kuat.

Baca Juga: Cara Membuat Burung Lovebird Rajin Ngekek

Untuk yang paruhnya putih, Anda harus benar-benar teliti. Untuk yang masih anakan pangkal paruhnya akan terlihat lebih pucat karena belum tumbuh sempurna. Sementara yang dewasa paruhnya sudah putih bersih.

Cek Warna Kaki Burung Lovebird


Secara umum, warna kaki burung lovebird adalah biru kehitaman atau ada juga yang warnanya hitam. Namun berbeda untuk jenis burung lovebird albino dan lutino yang memiliki warna kaki putih.

kaki burung lovebird

Saat masih mudah, warna kaki burung lovebird tidak terlalu pekat biru atau hitamnya, melainkan agak pudar. Setelah dewasa baru warna kakinya akan semakin gelap. Kecuali burung lovebird albino dan lutino tadi.

Cek Warna Kuku Burung Lovebird


Sama seperti halnya warna kaki, warna kuku burung lovebird pada dasarnya adalah hitam. Kecuali burung lovebird albino dan lutino.

Untuk burung lovebird lutino dan albino, saat masih muda warnanya putih tetapi agak gelap. Setelah menginjak dewasa warna kuku kakinya akan semakin memutih.

Untuk lovebird pada umumnya, akan terlihat jelas perubahan warna kuku sesuai usianya. Mulai dari usia 2 minggu saat burung lovebird baru bisa membuka mata, saat ini warna kukunya akan mulai muncul kehitaman pada pangkal kukunya.

Pada usia 3 minggu, warna hitam pada kukunya akan semakin melebar sampai ia berusia 3 bulan. Memasuki usia 4 sampai dengan 6 bulan warna kukunya akan semakin melebar sampai ke ujung. Pada usia 8 bulan, warna kukunya sudah semakin hitam pekat full. Dan pada saat ini juga burung lovebird sudah siap untuk di tangkarkan.

Cek Warna Bulu Burung Lovebird


Burung lovebird adalah burung yang memiliki wanra bulu yang indah. Pada saat masih anakan sekitar 2 sampai 3 bulanan, warna bulu burung lovebird masih belum terlihat cerah. Baru pada saat usianya di atas 6 bulan, warna bulu burung lovebird akan semakin menguat.

Cek Garis Mata Burung Lovebird


lingkar mata burung lovebird

Garis mata ini sering juga disebut dengan kacamata. Untuk burung lovebird yang masih anakan, biasanya garis matanya masih tipis. Sedangkan yang sudah dewasa, warna garis matanya lebih tebal.

Dengarkan Suara Burung Lovebird


Lovebird paud atau balibu biasanya memiliki karakter suara yang belum terlalu kuat, mungkin jika didengarkan suara lovebird paud cenderung seperti burung empit (tapi ada juga yang suaranya sudah lantang).

Durasi ngekek burung lovebird paud juga tidak terlalu panjang. Yang bagus mungkin bisa mencapai 20 detik, tapi biasanya hanya 7 detik.

Untuk lovebird yang sudah dewasa, suara kicau lovebird dewasa sudah matang dan lantang. Tapi ada juga yang masih seperti burung empit. Untuk durasinya sendiri berbeda-beda. Jika yang kualitasnya kurang baik, bisanya dibawah 10 detik, tapi jika yang kualitasnya sudah bagus suara ngekeknya bisa panjang mencapai 1 sampai 3 menitan.

Dengan melihat ciri-ciri fisik burung lovebird di atas, Anda akan dengan mudah mengetahui usia dari burung lovebird tersebut apakah sudah dewasa atau masih anakan.

Silahkan sekarang Anda lihat dan perhatikan fisik burung lovebird Anda. Masuk kategori yang mana. Setelah itu, Anda bisa tentukan, ke arah mana lovebird Anda akan dibentuk nantinya.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

1 Response to "Tips Cara Mengetahui Umur Lovebird Dari Ciri Ciri Fisiknya"

  1. Warna burug lovebird ini lucu banget ya..

    Jadi begitu ya, ada hal-hal yg membedakan antara lovebird anakan dan dewasa.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel