Tips Cara Perawatan Kacer Mabung yang Baik dan Benar

Loading...
Loading...
Cara Merawat Kacer Mabung - Bagi kicau mania yang sudah paham dengan perawatan kacer mabung, pasti sering menantikan burung kacernya mabung. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab perawatan yang dilakukan pada saat burung kacer sedang mabung dipercaya dapat meningkatkan kualitas dari burung kacer tersebut.

Akan tetapi ada juga beberapa kicau mania (terutama yang burung kacernya sudah memiliki kualitas juara), justru merasa khawatir jika burung kacernya mabung. Sebab, proses mabung dikhawatirkan dapat merubah kualitas dari burung kacer itu yang tadinya sudah bagus menjadi kurang bagus.

Dua hal yang mungkin memiliki pendapat berbeda dari setiap orang.

Tapi mau tidak mau, suka atau tidak suka, proses mabung pertama pada burung pasti akan terjadi cepat atau lambat. Untuk itu Anda harus mengetahui bagaimana cara merawat burung kacer mabung agar dapat mengatasinya.

Perawatan Kacer Mabung

Apa itu Mabung?

Ada banyak nama yang diberikan untuk proses ini, ada yang menyebutnya mbodol, ngurak, molting dan lain sebagainya. Tapi intinya mabung adalah proses rontoknya bulu-bulu burung secara alami dan menggantinya dengan bulu baru.

Kebanyakan kicau mania walaupun sudah tau cara merawat burung kacer mabung, tetapi masih belum memahami proses merawata kacer mabung sesuai dengan fasenya, apakah fase mabung atau fase pertumbuhan bulu.

Tidak jarang juga, ada yang hanya bisa melakukan proses perawatan kacer mabung sampai tumbuh bulu tetapi saat bulu sudah tumbuh performanya tidak maksimal.

Untuk itu di dalam artikel ini akan coba saya bahas perawatan kacer mabung dari proses awal burung rontak, bulu tumbuh dan perawatan pasca mabung.

Tapi sebelum mulai, hendaknya kita mengetahui dulu apa saja ciri ciri kacer mabung.

Ciri Ciri Burung Kacer Mulai Mabung


Saat burung kacer mulai memasuki masa mabung, biasanya akan ada beberapa ciri yang bisa kita ketahui, ciri tersebut diantaranya adalah:

  1. Biasanya burung kacer akan terlihat tidak agresif, tidak banyak bergerak, lebih banyak diam dan tidak banyak berkicau gacor,
  2. Ada beberapa burung yang satu hari sebelum mabung tingkahnya sedikit aneh, terlihat gelisah, dan sering sekali berkicau,
  3. Bulunya terlihat lebih kusam dan tidak rapih (acak-acakan),
  4. Bulu-bulu kecilnya akan berjatuhan sedikit demi sedikit dimulai dari 1 sampai 4 helai terlebih dahulu, dan terus bertambah setiap harinya,
  5. Bulu ekornya terlihat pecah-pecah,
  6. Tatapan matanya kosong dan terlihat sayu

Jika Anda sudah melihat ciri-ciri di atas pada burung kacer, kemungkinan besar ia akan segera mabung.

Untuk itu penting Anda mengetahui cara merawat kacer mabung, sebab perawatan yang Anda lakukan saat kacer mabung, sedikit banyak juga menentukan kualitas dari burung kacer tersebut nantinya.

Tips Cara Perawatan Kacer Mabung


Untuk mengetahui cara perawatan kacer mabung, silahkan di simak dibawah ini. Ada dua sesi yang akan saya berikan, sesi pertama adalah saat bulu mulai rontok dan sesi kedua adalah saat bulu sudah tumbuh kembali.

Perawatan Kacer Mabung Ketika Bulu Mulai Rontok


kacer mabung

Proses ini Anda lakukan saat bulu kacer mulai rontok. Jangan sampai salah ya, sebab ada dua sesi yang saya bahas. Ini adalah sesi pertama dimana perawatan ini ditunjukkan saat bulu kacer mulai rontok. Silahkan disimak.

Rontokkan Semua Bulu Kacer


Masa mabung yang baik adalah yang dilakukan hingga tuntas sampai semua bulu tua pada burung benar-benar rontok.

Itu karena jika bulunya tidak rontok secara keseluruhan dapat membuat hasil mabungnya tidak maksimal atau bisa juga disebut dengan bulu nyulam.

Pemberian Makanan Tambahan


Makanan tambahan atau Ekstra Food (FE) bisa Anda berikan sebelum bulu kacer rontok semua, dengan cara memberinya kroto sebanyak satu sendok makan. Setelah bulu kacer rontok semua, hentikan pemberian kroto tersebut.

Alasannya: Saat bulu sudah rontok, burung kacer akan mulai proses pertumbuhan bulu. Proses ini membutuhkan energi yang besar serta konsentrasi burung kacer. Pemberian makanan tambahan dapat menyebabkan kacer birahi. Saat birahi ia bisa terpancing untuk berkicau. Hal ini bisa menyebabkan energi kacer terbuang dan tidak fokus untuk menumbuhkan bulu.

Tempatkan di Tempat Sunyi


Burung kacer yang sedang mabung biasanya akan sangat mudah terganggu karena rasa sakitnya pada saat merontokan bulu. Agar burung tidak mudah terganggu, maka Anda harus menempatkan burung kacer di tempat yang sunyi dan terhindar dari banyak gangguan, baik itu dari gangguan manusia ataupun dari gangguan burung lain.

Full Kerodong


Sama seperti sebelumnya, full kerodong juga berfungsi untuk membuat burung kacer menjadi lebih tenang dan tidak mudah terganggu dengan apa yang ada di luar kandang.

Jangan di Mandikan dan di Jemur


Saat burung kacer sedang proses mabung ini, usahakan jangan pernah memandikan dan menjemur burung, hal ini dilakukan karena khawatir bulu kacer belum rontok seluruhnya.

Jaga Kebersihan Kandang


Walaupun pada proses mabung burung kacer harus dalam keadaan tenang, tetapi Anda jangan sampai mengabaikan kebersihan kandang.

Masalah kebersihan ini ada dua pandangan, ada yang bilang jika tidak perlu melakukan pembersihan kotoran burung jika tidak ditumbuhi jamur karena dapat mengganggu proses mabung, tapi ada juga yang bilang harus membersihkan kandang agar terjaga kebersihannya.

Kalau tidak dibersihkan lalu bagaimana dengan kotorannya? Ada cara mengatasi hal itu. Cara mencegahnya yaitu dengan menaburkan bagian dasar sangkar burung menggunakan kapur dengan ketebalan sekitar 2 mm, lalu lapisi taburan kapur tersebut menggunakan dedak atau katul setebal 1 cm secara merata.

Tapi ada juga yang mengatakan tetap harus membersihkan kandang burung dari kotoran dengan cara membersihkan kandang 2 sampai dengan 3 hari sekali.

Silahkan Anda lakukan mana yang menurut Anda baik. Kedua cara tersebut sudah dilakukan oleh beberapa kicau mania dan terbukti ampuh.

Berikan Asupan Gizi


Burung kacer yang sedang mengalami proses mabung membutuhkan energi, nutrisi dan juga gizi yang tinggi. Untuk memenuhi hal tersebut, Anda bisa memberikan voer sebagai makanan burung kacer.

Anda juga bisa memberikan voer ayam untuk membantu proses perontokan bulu tua burung kacer.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan vitamin yang banyak di jual di toko makanan burung. Porsinya cukup 3 tetes saja yang dicampurkan pada minuman burung kacer.

Lakukan Pemasteran


Seperti yang sudah disebutkan di bagian atas pada ciri ciri burung kacer yang sedang mabung bahwa ia akan lebih banyak diam dan tidak banyak berkicau.

Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan cara melakukan pemasteran pada burung kacer, karena saat mabung, burung kacer lebih banyak mendengar dari pada mengeluarkan suara burung kacer dan lebih banyak mengingat suara kicau masterannya.

Perawatan Kacer Mabung Ketika Bulu Mulai Tumbuh


burung kacer mabung

Agar kualitas dari burung kacer yang Anda pelihara bisa lebih maksimal lagi, maka Anda juga harus tetap memberikan perawatan ketika kacer mulai tumbuh bulu muda dengan cara sebagai berikut.

Mandikan Burung Kacer


Sebaiknya lakukan proses pemandian burung kacer menggunakan shampo khusus burung, tujuannya agar bulu jagung yang seperti ketombe dapat hilang dan bersih.

Setelah burung kacer dimandikan, usahakan jangan langsung menjemurnya, tetapi di angin-anginkan terlebih dahulu kurang lebih selama 30 menit.

Kembali Dikerodong


Setelah burung kacer dimandikan dan di angin-anginkan, selanjutnya Anda kerodong kembali kandang burung kacer tersebut lalu gantungkan di tempat yang teduh atau ditaruh ditempat pengasingan saat kacer mabung.

Menjemur Burung Kacer


Proses penjemuran bisa dilakukan dihari lain. Jadi tidak harus saat itu juga. Anda bisa melakukan proses penjemuran dengan waktu yang agak lama kurang lebih 3 sampai dengan 4 jam. Hal ini bertujuan agar birahi burung kacer mulai naik.

Beri Makanan Tambahan (Extra Fooding)


Anda bisa memberi extra fooding (FE) berupa jangkrik yang dicampur dengan minyak ikan dengan cara minyak ikan tersebut di suntikkan kedalam perut jangkrik. Porsinya tidak usah terlalu banyak, cukup satu ekor saja setiap hari. Proses ini dilakukan setiap hari sampai bulu burung kacer tumbuh sempurna.

Minyak ikan ini sangat bermanfaat untuk burung kacer karena banyak mengandung vitamin yang baik untuk membuat bulu burung kacer semakin mengkilat ketika sudah tumbuh sempurna nanti.

Lakukan Pemasteran


Lakukan pemasteran sampai bulu tumbuh dengan sempurna. Jika tidak mempunyai burung masteran, Anda bisa menggunakan audio mp3. Silahkan ambil audio mp3 suara burung masteran di blog ini.

Pemasteran dilakukan karena pada proses mabung, burung cenderung lebih diam dan mendengar, sehingga suara masteran nanti akan mudah di ingat.

Jika bulu burung kacer sudah tumbuh sempurna, Anda bisa melakukan perawaatan harian seperti biasa yang Anda lakukan saat burung kacer belum mabung.

Baca Juga: Daftar Harga Burung Kacer Terbaru

Untuk waktu lama mabungnya sendiri, biasanya burung kacer mengalami masa mabung kurang lebih 2 sampai dengan 3 bulan. Bisa berbeda setiap burung, tergantung dari perawatan yang Anda lakukan dan burung kacer itu sendiri.

Sekian pembahasan tentang perawatan kacer mabung, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di blog unsur rimba. Terima kasih.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "Tips Cara Perawatan Kacer Mabung yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel