6 Tips Cara Membuat Lovebird Rajin Ngekek Panjang

Loading...
Loading...
Cara Agar Lovebird Ngekek Panjang - Mempunyai burung lovebird yang dapat ngekek panjang dan konslet adalah idaman setiap lovebird mania. Sehingga banyak cara yang mungkin dilakukan untuk bisa membuat lovebird peliharaannya dapat memiliki suara sesuai dengan yang di inginkan.

Hal ini mungkin tidak akan terlalu jadi masalah bagi para master, namun apa jadinya bagi yang belum berpengalaman dan baru terjun di dunia lovebird?

Untuk itulah artikel ini di buat, agar dapat membantu Anda mengetahui cara membuat burung lovebird ngekek panjang dengan rajin berkicau konslet.

Tapi sebelum itu, Anda harus tahu dulu apa sih tujuan Anda membuat burung lovebirdnya bisa berkicau ngekek panjang dan konslet? Pasti tidak jauh dan tidak bukan agar dapat memenangkan suatu perlombaan? Betul?

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Untuk itu Anda juga harus mengetahui dulu seperti apa kondisi nanti di area perlombaan, dan apa saja faktor yang di nilai dalam perlombaan tersebut.

Untuk kelas lovebird, sebetulnya juri lomba akan memberikan nilai lebih kepada burung lovebird yang mempunyai variasi lagu, suara yang panjang dan sering berkicau (aktif atau kinerjanya maksimal).

Jadi intinya, penilaian juri untuk lovebird juara adalah ngekeknya sedang (tidak terlampau panjang) namun sering dibawakan (istilah lainnya adalah gacor) serta memiliki variasi lagu.

Contoh kasusnya adalah seperti ini. Misal ada satu ekor burung lovebird yang ngekek panjang (katakanlah 1 menit). Kemungkinan besar ia akan lebih banyak diam (ngetem) setelah berkicau. Akibatnya, kicauan burung tersebut menjadi tidak terlalu sering (keluarnya lambat) dan mengakibatkan ia tidak masuk dalam nominasi juara lomba.

Contoh kedua. Misal ada satu ekor burung lovebird yang ngekeknya tidak terlampau panjang (katakanlah 30 detik) tetapi lebih aktif berkicau dan dengan beberapa variasi lagu. Hal ini biasanya lebih mendaptakan perhatian dari juri dan bisa masuk nominasi juara lomba.

Faktor yang Mempengaruhi Ngekek Lovebird


Dalam dunia unggas (termasuk burung) setidaknya ada dua faktor yang dapat mempengaruhi performa suara kicaunya apakah dapat ngekek panjang atau tidak, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan.

Kedua hal ini mesti Anda perhatikan betul agar perawatan atau terapi yang Anda lakukan untuk membuat lovebird ngekek panjang bisa lebih terukur.

Faktor Genetik


Untuk melihat faktor genetik, bagi orang awam seperti kita memang agak sulit karena membutuhkan peralatan yang dimiliki oleh para peneliti seperti alat untuk tes DNA, RNA dan lain sebagainya.

Yang paling mungkin bisa kita lakukan adalah dengan melihat ciri fisik atau penampilan luarnya saja seperti warna bulu, kualitas suara dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ciri Ciri Lovebird Fighter yang Bagus Untuk Lomba

Untuk melihat genetik dari anakan burung lovebird (paud atau balibu) yang bisa Anda lakukan adalah melihat performa dari indukan jantan dan betinanya saat dipenangkaran. Meskipun cara ini tidak akurat 100% tapi setidaknya Anda bisa memprediksi dengan landasan yang ilmiah.

Faktor Lingkungan


Faktor lingkungan terdiri dari beberapa aspek, diantaranya adalah kandang, kesehatan, pakan, suhu, cuaca sampai dengan perawatan burung lovebird nantinya.

Berdasarkan pengalaman dari kicau mania yang sudah senior, faktor genetik hanya memiliki peran sebanyak 30% saja, sisanya (70%) ditentukan oleh faktor lingkungan terutama pola perawatan dan pakan yang berkualitas. Hal inilah yang harus Anda maksimalkan.

Cara Membuat Lovebird Rajin Ngekek Panjang


Seperti yang sudah di jelaskan pada pembahasan di atas bahwa faktor lingkugan yang meliputi perawatan serta pemberian pakan memiliki peran yang lebih banyak sekitar 70% untuk bisa membuat burung lovebird Anda memiliki performa yang maksimal.

lovebird rajin ngekek

Untuk itu silahkan simak tips cara merawat burung lovebird agar rajin ngekek panjang dan konslet di bawah ini.

Catatan: Tips Cara membuat lovebird rajin ngekek panjang ini diberikan oleh H. Sigit WMP kepada burung lovebird kusumonya. Mungkin setiap jenis lovebird memiliki rahasia perawatannya masing-masing, walaupun jenis lovebird Anda berbeda, tapi setidaknya dengan tips ini Anda bisa mempunyai gambaran seperti apa perawatan burung lovebird milik H. Sigit WMP yang sudah terbukti dapat ngekek dengan panjang.

1. Pengembunan Burung Lovebird


Anda dapat mulai melakukan pengenbunan pada waktu subuh sekitar jam 5 pagi atau setelah sholat subuh sampai dengan matahari terbit. Setelah proses ini selesai, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyemprotkan sedikit air pada burung lovebird sambil meletakkannya di bawah.

Ingat, letakkan burung lovebird di bawah bukan digantung. Biasanya proses ini berlangsung sampai bulunya mengering atau maksimal sampai jam 9 pagi.

2. Proses Mandi Burung Lovebird


lovebird mandi

H. Sigit WMP biasa melakukan proses mandi pada burung lovebird kusumonya dengan cara dikeramba, berbeda dari kebanyakan burung lovebird lainnya. Selain itu, ia juga kerap kali sengaja membuat burungnya kehujanan (ia menyebut ini dengan mandi hujan).

Proses mandi hujan dilakukan selama kurang lebih 10 sampai dengan 20 menit tergantung dari intensitas hujannya apakah rintik atau sedang.

Jika burung lovebird sudah merasa puas mandi hujan, biasanya ia akan bersuara, suara itulah tandanya ia sudah ingin dimasukkan kedalam rumah.

Setelah selesai mandi hujan, jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih lalu biarkan sejenak hingga bulu bulunya mengering.

3. Proses Penggantungan Kandang Burung Lovebird


Pada umumnya burung lovebird kusumo tidak menyukai suasana malam hari, oleh sebab itu lah penampilan lovebird kusumo kurang maksimal pada malam hari. Tapi itu tidak untuk lovebird milik H. Sigit WMP, karena ia sudah membiasakan burung lovebirdnya di gantung dalam rumah dengan diterangi sedikit cahaya lampu.

4. Pakan Harian Burung Lovebird


H. Sigit WMP memberikan pakan harian pada burung lovebirdnya dengan milet putih. Ia juga sudah biasa memberikan daun bayam setelah burungnya selesai mengikuti lomba, tujuannya agar kondisi tubuhnya tetap prima dan bugar. Pemberian bayam dilakukan setelah sebelumnya bayam di cuci bersih terlebih dahulu, lalu di daitkan di dalam sangkar dalam bentuk lembaran daun utuh.

Baca Juga: Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang

5. Memasterakan Burung Lovebird


Agar burung lovebird Anda dapat ngekek panjang, Anda bisa melakukan latihan memasterkan lovebird dengan suara kicau burung lain. Dengan cara ini, burung Anda bisa merekam dan menirukan suara burung master tersebut. Sehingga nantinya burung lovebird Anda akan terlatih dengan kicauan burung master tersebut.

Adapun burung yang bisa Anda jadikan sebagai masteran lovebird adalah burung cucak jenggot, serindit dan juga burung cililin.

Untuk suaranya, jika Anda tidak mempunyai burung asli, maka Anda bisa menggunakan audio mp3. Silahkan download suara burung kicau disini.

6. Kerbersihan Kandang


Hal ini jangan pernah Anda lewatkan karena kebersihan kandang akan sangat mempengarhui kesehatan burung lovebird Anda. Jangan sampai sudah susah payah Anda melakukan pelatihan pada burung lovebird Anda tapi burung lovebird Anda sakit karena kondisi kandang yang kotor.

Untuk itu jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang dari kotoran, tempat minum dan tempat makan juga dibersihkan dari sisa-sisa makakan yang ada.

Baca Juga: Ramuan Jamu Tradisional Untuk Lovebird Agar Ngekek Panjang

Itu dia artikel tentang cara membuat lovebird rajin ngekek panjang dan konslet. Semoga apa yang ada di dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Salam kicau mania.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "6 Tips Cara Membuat Lovebird Rajin Ngekek Panjang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel