5 Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina Secara Akurat

Loading...
Loading...
Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina - Pada dasarnya, burung parkit jantan lebih memiliki warna corak bulu yang indah, suara yang bagus serta mudah untuk di latih.

Maka dari itu, jika hendak memelihara burung parkit, sebaiknya pilihlah burung parkit yang jantan. Tapi bagaimana cara membedakan parkit jantan dan betina?

Burung parkit mempunyai ciri dan bentuk tubuh yang mirip antara jantan dan betinanya. Hal ini pula yang membuat banyak orang kesulitan untuk membedakan parkit jantan dan betina.

perbedaan parkit jantan dan betina

Perbedaan burung parkit jantan dan betina sebetulnya dapat dilihat hanya dari segi fisiknya saja. Jadi Anda tidak akan kesulitan untuk membedakannya.

Hampir semua jenis burung parkit dapat dilihat perbedaannya secara fisik. Baik itu parkit australia, albino, anakan / muda, mata merah dan lain sebagainya. Semua caranya sudah saya tuliskan di bawah ini.

Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina


Di bawah ini saya akan memberikan informasi tentang cara membedakan burung parkit jantan dan betina yang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Berikut ulasannya.

Melihat Cere (Lubang Hidung) Burung Parkit


cere parkit jantan dan betina

Cara membedakan parkit jantan dan betina melalui cere atau lubang hidung ini memang yang paling mudah dan bisa dikatakan lumayan akurat.

Lihat Juga: Daftar Harga Burung Parkit Terbaru Saat Ini

Untuk burung parkit yang sudah dewasa, warna cere pada jantan biasanya berwarna biru atau ungu. Sedangkan untuk yang betina dewasa warna cerenya lebih putih atau merah muda, ada juga yang berwarna ungu namun agak pudar.

Sementara untuk burung parkit yang masih anakan, warna cere sedikit berbeda. Untuk parkit jantan anakan, biasanya berwarna pink atau putih kemerahan, sementara yang betina anakan biasanya berwarna putih gading. Semakin dewasa, warna cere akan berubah menjadi biru atau ungu untuk jantan dan putih untuk betina.

Melihat Warna Kaki Burung Parkit


Biasanya, burung parkit jantan mempunyai kaki yang berwarna biru, sementara untuk yang betina mempunyai kaki yang berwarna coklat. Tapi ada juga beberapa jenis lain yang mempunyai kaki yang berwarna merah muda.

Melihat Tingkah Laku Burung Parkit


burung parkit jantan dan betina

Burung parkit jantan mempunyai sikap yang tidak bisa dilakukan oleh parkit betina. sifat atau tingkah laku ini yang bisa Anda jadikan sebagai perbedaan parkit jantan dan betina.

Sifat yang dimiliki oleh burung parkit jantan adalah perhatian kepada burung parkit betina. Cara perhatian yang dilakukannya adalah dengan cara menyuapi makanan pada parkit betina. Biasanya, prilaku ini dilakukan jantan ketika ia sedang birahi.

Selain itu, parkit jantan juga lebih agresif dan sering berkicau. Sedangkan yang betina cenderung lebih pendiam dan jarang berkicau.

Tes Darah pada Burung Parkit


Cara yang satu ini bisa dibilang merupakan cara membedakan burung parkit jantan dan betina yang sangat akurat dan sedikit sekali kegagalannya. Tapi cara ini masih jarang dilakukan karena terkesan lebih lama dan rumit.

Perbedaan Khusus Untuk Parkit Jenis Lain


Burung parkit itu mempunyai beberapa jenis. Secara umum, 4 cara membedakan parkit jantan dan betina yang saya berikan di atas sudah mewakili untuk semua jenisnya. Tapi ada beberapa yang memang mempunyai ciri tersendiri. Diantaranya adalah parkit albino dan juga parkit lutino.

Secara fisik, 4 cara itu masih sama dan bisa dilakukan untuk parkit albino dan lutino. Tapi ada satu tambahan lagi yang bisa Anda lihat untuk mengetahui perbedaannya, yaitu dengan melihat ukuran tubuhnya. Biasanya ukuran tubuh pejantan lebih besar dibandingkan dengan yang betina. Selain itu parkit albino atau lutino jantan juga mempunyai bulu yang agak ke atas sementara yang betinanya tidak.

Lihat Juga: Cara Membedakan Ciblek Jantan dan Betina Secara Akurat

Nah itu dia perbedaan burung parkit jantan dan betina yang bisa Anda lihat dari ciri ciri fisik dan juga prilakunya. Cara membedakan parkit jantan dan betina ini sudah banyak dilakukan oleh orang yang memelihara burung parkit dan terbukti ampuh dan akurat.

Sekarang, silahkan Anda praktikkan langsung 5 cara yang sudah saya berikan itu. Semoga dengan postingan ini bisa memberikan manfaat serta informasi yang berharga untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di dalam blog ini ya.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "5 Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina Secara Akurat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel