Cara Merawat Burung Lovebird yang Baik dan Benar (Tips Lengkap)

Loading...
Loading...
Cara Merawat Burung Lovebird - Haloha kicau mania dimanapun Anda berada. Selamat datang di blog unsur rimba. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada Anda tetang cara merawat burung lovebird yang baik dan benar biar cepat ngekek panjang dan gacor.

Informasi ini sangat penting sekali untuk Anda simak secara lengkap karena dengan melakukan perawatan yang baik dan benar, maka burung lovebird Anda akan terjaga kesehatan dan keindahan warna bulunya serta menjaga dan meningkatkan kualitas dari suara kicau burung lovebird itu sendiri.

Pembahasan kali ini tidak hanya membahas tentang burung lovebird dewasa saja (baik betina ataupun jantan), tapi juga pembahasan tentang cara merawat burung lovebird anakan atau paud juga.

Jadi nantinya Anda akan mendapatkan beberapa informasi sekaligus, dan setelah membaca artikel ini sampai selesai, Anda akan mendapatkan sebuah informasi cara perawatan lovebird berharga yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

Cara Merawat Burung Lovebird

Jadi harap disimak sampai selesai ya..

Ok lanjut.. Pertama kita bahas cara merawat lovebird untuk burung yang sudah dewasa dulu ya, setelah itu baru kita bahas yang anakan atau paud atau balibu.

Cara Merawat Burung Lovebird Dewasa


Jika Anda mempunyai burung lovebird yang sudah dewasa dan siap untuk di ikut sertakan dalam perlombaan, maka cara merawat lovebird yang satu ini bisa Anda simak dengan baik agar tidak terjadi kesalah pahaman.

1. Perawatan Kandang


Ini adalah perawatan lovebird yang penting. Silahkan Anda cek kebersihan kandang dari burung lovebird tersebut, apakah sudah kotor atau masih bersih.

Diusahakan membersihkan kandang burung lovebird sesering mungkin agar terhindar dari serangan virus atau penyakit.

Baca Juga: Cara Menjodohkan Burung Lovebird yang Terbukti Ampuh

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan tempat makan dan tempat minum burung lovebird Anda agar tidak ada virus yang hinggap disitu.

Kesehatan burung adalah hal yang penting, sebagus apapun Anda melatih burung lovebird, dan sehebat apapun kicauannya, jika sudah sakit maka akan sangat repot.

2. Perawatan Rutin


Untuk perawatan rutin ini dilakukan setiap hari, sesuai dengan namanya. Kalau jarang-jarang namanya bukan rutin wkwk

Perawatan rutin burung lovebird yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka kerodong burung lovebird setiap jam 5 subuh atau setelah sholat subuh, setelah itu lalu di embunkan.

Anda bisa menggantangkan burung lovebird di tempat yang tidak ada atapnya. Bisa di teras rumah atau apa saja terserah.

Tunggu sampai burung lovebird Anda terkena sinar matahari pagi. Setelah terkena sinar matahari pagi kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit, mandikan burung lovebird Anda dengan cara disemprotkan atau Anda juga bisa menggunakan selang yang langsung terhubung dengan kran air. Usahakan tetasan airnya seperti air hujan yang lembut.

Setelah selesai dimandikan, lalu jemur burung lovebird tersebut selama kurang lebih 3 jam atau maksimal sampai jam 10 pagi, kondisikan saja sampai bulunya mengering.

Ingat, usahakan jangan menjemur burung lovebird di atas jam 9 atau jam 10 pagi, karena panas matahari di atas jam segitu sudah mulai tidak terlalu baik untuk kesehatan lovebird.

3. Melatih Mental Burung Lovebird


Cara merawat burung lovebird yang selanjutnya adalah melatih mental burung lovebird itu sendiri. Untuk melatih mental burung lovebird sebetulnya di lakukan berbarengan pada poin dua, tapi saya pisah biar Anda tidak bingung.

Untuk melatih mental burung lovebird, yang bisa Anda lakukan adalah memegang burung lovebird sambil mengusap-usap badan atau kepalanya secara perlahan pada saat dimandikan.

memandikan burung lovebird

Lalu setelah dimandikan, burung lovebird di jemur. Jemur burung lovebird di bawah atau di atas tanah agar burung lovebird Anda terbiasa dengan lalu lalang orang disekitarnya.

proses penjemurah burung lovebird

Anda juga bisa menaruhnya di tempat yang ramai dilakui orang, tapi jangan di tengah jalan, nanti di tabrak orang wkwk

4. Pemberian Pakan


Pemberian pakan juga sangat penting untuk menjaga stamina dari burung lovebird Anda. Selain memberikan pakan harian, Anda juga harus memberikan pakan tambahan atau Extra Fooding (FE)

Pakan harian yang bisa Anda berikan adalah milet putih. Jika tidak punya, silahkan cari di toko makanan hewan atau makanan burung.

Untuk pakan tambahan atau extra Fooding (FE) Anda bisa memberi burung lovebird jagung yang diberikan 2 kali dalam seminggu untuk lovebird paruh merah dan satu minggu sekali untuk lovebird paruh putih. Selain itu, Anda juga bisa memberi kangkung, bayam dan sedikit apel merah sekitar seminggu sekali.

Baca Juga: Rahasia Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Konslet

Kalau burung lovebird Anda tidak mau makan buah atau sayuran, jangan di paksa ya. Plus untuk kangkung dan apel merah jangan terlalu banyak karena bisa meningkatkan birahi dari burung lovebird.

Untuk mengetahui tentang pakan burung lovebird, silahkan Anda cek artikel tentang makanan burung lovebird.

Itu dia cara merawat burung lovebird dewasa. Sekarang kita bahas cara merawat burung lovebird anakan atau paud ya..

Cara merawat Burung Lovebird Anakan / Paud


Proses merawat burung lovebird anakan awal sebetulnya masih sama yaitu perawatan sangkar agar selalu terjaga kebersihannya dan burung terhindar dari penyakit, jadi proses awal akan saya mulai dari yang lain ya.

1. Proses Memandikan


Memandikan di sini maksudnya adalah dengan memandikan anakan burung lovebird hingga basah kuyup. Hal ini dipercaya dapat membuat anakan burung lovebird menjadi lebih rajin bersuara dan juga dapat meningkatkan staminanya.

Walauapun memandikannya sampai basah kuyup, tapi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Untuk itu silahkan lihat caranya di bawah ini:

Mandikan burung pada pagi hari sekitar pukul 07:00 dengan menggunakan alat yang biasa digunakan untuk memandikan burung (yang Anda punya saja) sampai basah kuyup.

Baca Juga: Cara Merawat Lovebird Mabung yang Baik dan Benar

Setelah basah kuyup, lalu jemur anakan burung lovebird hinggaa pukul 10:00. Setelah itu di angin-anginkan sebentar kurang lebih 5 sampai dengan 10 menitan.

Mandikan lagi burung lovebird paud sampai basah kuyup seperti langkah di awal, setelah basah kuyup lalu dijemur kembali sampai dengan pukul 12:00.

Setelah itu, gantang burung lovebird paud ditempat yang teduh atau bisa juga ditampat biasa ia berada.

Setelah itu, Anda bisa melakukan pemasteran dengan cara mendengarkan rekaman mp3 suara burung master atau suara burung asli yang di taruh berdekatan dari sangkarnya.

Dengan melakukan cara merawat burung lovebird anakan di atas secara rutin, maka hasilnya dalam beberapa minggu burung lovebird paud Anda akan mengalami perkembangan seperti lebih rajin berbunyi dan lebih aktif.

2. Pemberian Pakan


Sudah bukan rahasia lagi bahwa pakan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam memelihara burung kicau.

Sebetulnya proses pemberian pakan pada burung lovebird dewasa dan anakan tidak jauh berbeda, hanya saja untuk lovebird anakan Anda harus lebih bervariasi lagi dalam memberikan pakan.

Untuk pakan hariannya Anda bisa menambahkan variasi lain selain milet seperti hemp seed, biji kecambah dan juga kuaci. Hal ini bertujuan agar burung lovebird anakan Anda mendapatkan banyak nutrisi dan tidak mengalami kegemukan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menambahkan Extra Fooding (FE) berupa buah dan sayur yang bisa Anda berikan bergantian atau selang-seling seperti kangkung, jagung, apel, tauge dan lain sebagainya.

Bila dirasa perlu, Anda juga bisa memberikan vitamin dan mineral untuk menjaga kondisi burung lovebird anakan agar tetap fit, vitamin dan mineral bisa bisa Anda beli di toko makanan burung terdekat.

Sebetulnya, merawat burung lovebird tidaklah terlalu rumit, yang perlu Anda lakukan hanya konsisten saja dalam meneraptkannya. Hindari rasa malas ya sob.

Nah itu dia cara merawat burung lovebird yang baik dan benar. Mudah bukan caranya? Yuk silahkan langsung saja Anda praktikan di rumah. Semoga hasil yang Anda dapat bisa sesuai dengan yang Anda harapkan.

Baca Juga: Berbagai Jenis Burung Lovebird Lengkap Plus Harganya

Jika ada yang kurang cocok atau ada yang ingin ditambahkan, silahkan pada kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Semoga apa yang ada di dalam blog ini bisa bermanfaat untuk Anda.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "Cara Merawat Burung Lovebird yang Baik dan Benar (Tips Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel