21 Jenis Burung Lovebird Paling Bagus Untuk Lomba

Loading...
Loading...
Jenis Burung Lovebird - Hai kicau mania dimanapun Anda berada, selamat datang di blog unsur rimba. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada Anda tentang macam macam jenis burung lovebird dari yang termahal sampai dengan yang termurah.

Dari informasi yang ada di dalam blog ini, nantinya Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang jenis lovebird paling bagus dari berbagai aspek seperti kicauannya / suara burung lovebird dan juga dari warnanya.

Sedikit informasi bahwa dari beberapa jenis yang akan saya sebutkan di bawah, ada beberapa yang habibatnya di luar negeri. Kemungkinan sangat sulit untuk bisa mencarinya di Indonesia, solusinya Anda harus import dari luar.

Jenis Dasar Burung Lovebird


Pada dasarnya burung lovebird hanya ada 9 jenis saja, diantaranya

  • Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)
  • Lovebird Nyasa (Agapornis Lilianae)
  • Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicellis)
  • Lovebird Pipi Hitam (Agapornis Nigrigenis)
  • Lovebird Fischer (Agapornis Fischer)
  • Lovebird Madagaskar (Agaponis Cana)
  • Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)
  • Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderiana)
  • Lovebird Kacamata Topeng

Namun banyak peternak yang melakukan kawin silang antara jenis satu dengan jenis yang lainnya sehingga muncul variasi warna dan jenis lovebird yang baru.

Tujuan dari perkawinan silang ini biasanya untuk mendapatkan warna burung lovebird yang unik dan langka sehingga ketika di jual akan semakin mahal. Selain itu, perkawinan silang burung lovebird juga biasanya dilakukan untuk mendapatkan kualitas terbaik dari keturunan indukan yang juga berkualitas, sehingga nantinya akan terlahir anakan burung lovebird yang mempunyai kualitas yang berpadu antara indukan jantan dan betinanya.

Di dalam blog ini, saya sudah jelaskan macam macam jenis lovebird berdasarkan warnanya dan juga jenis lovebird untuk lomba. Silahkan disimak sampai selesai agar tidak terlewatkan.

Jenis Lovebird Berdasarkan Warnanya


Adapun Beberapa jenis burung lovebird berdasarkan warnanya adalah sebagai berikut:

1. Lovebird Batman


lovebird batman

Lovebird batman adalah salah satu jenis lovebird yang unik. Diberi nama batman karena warnanya yang hitam putih keabu-abuan sekilas seperti batman. Lovebird batman juga tidak terlalu mudah untuk didapatkan, sehingga Anda harus berusaha keras untuk membeli burung lovebird jenis ini.

2. Lovebird Dakocan


lovebird dakocan

Jenis Burung Lovebird yang satu ini dinamakan Dakocan karena warna pada wajahnya yang berwarna hitam pekat dengan badan yang berwarna hijau. Hal ini mirip dengan tokoh Dakocan yang memiliki warna hitam. Lovebird dakocan termasuk yang sensitif, tetapi ia juga sangar ramah ketika dipelihara.

3. Lovebird Dark Green


lovebird dark green

Jenis Burung Lovebird Dark Green ini memiliki warna sayap hijau tua dan gelap paga bagian sayapnya, sementara pada bagian leher serta bawah tubuhnya memiliki warna yang lebih terang antara kuning dan oranye. Mungkin hal ini yang menyebabkan burung jenis ini disebut dengan dark green.

4. Lovebird Cobalt Blue / Cobalt Biru


lovebird cobalt

Sesuai dengan namanya, jenis burung lovebird cobalt blue atau cobalt biru yang satu ini memiliki warna perpaduan antara biru tua pada sayapnya, biru muda biru muda dan putih pada bagian lehear dan bawah badannya serta warna hitam keabu abuan pada kepalanya. Perpaduan warnanya yang unik ini membuat jenis lovebird cobalt blue sangat indah untuk di pandang mata.

5. Lovebird Biru Violet


lovebird biru violet

Sekilas jenis burung lovebird biru violet mirip dengan cobalt blue. Tapi lovebird biru violet memiliki warna sayap biru yang lebih cerah, warna putih pada bagian leher dan bawah badannya juga lebih cerah. Kalau Anda perhatikan dengan teliti, maka akan sangat terlihat sekali perbedaannya.

6. Lovebird Kepala Emas


lovebird kepala emas

Jenis Lovebird kepala emas biasa juga disebut dengan lovebird palamas. Palamas itu sebetulnya singkatan dari kepala emas. Nama Palamas ini diambil dari warna burung ini yang berwarna orange pada bagian leher, kuning pada bagian bawah tubuh sampai dengan ke sayap dan ke emas-emasan pada bagian sayapnya. Lovebird palamas mempunyai warna yang cerah, sangat cocok untuk digunakan sebagai hiasan rumah dan penyejuk mata.

7. Lovebird Euwing


lovebird euwing

Warna lovebird euwing sebetulnya bisa apa saja, tapi yang menjadi ciri khasnya adalah warna pada bagian sayapnya yang memiliki beberapa variasi. Jenis lovebird euwing juga memiliki turunan seperti euwing violet, euwing perso dan lain sebagainya. Lovebird euwing pertama kali muncul karena hasil perkawinan silang antara lovebird hijau standard dengan lovebird lutino.

8. Lovebird Hijau


lovebird hijau

Lovebird hijau atau ijo adalah jenis burung lovebird yang paling sering bisa Anda jumpai di pasaran. Lovebird hijau juga yang paling banyak dibeli oleh orang lain, mungkin karena murah dan mudah di dapatkan di pasaran sehingga orang lebih sering dan banyak yang memelihara burung ini.

9. Lovebird Lutino


lovebird lutino

Sekilas warna lovebird lutino mirip dengan lovebird kepala emas. Tapi lovebird lutino memiliki warna yang lebih polos tanpa motif. Kepala burung lovebird lutino berwarna orangye terang gelap sementara badannya berwarna kuning dan juga terdapat warna putih pada bagian ujung sayapnya. Warnanya yang indah juga membuat burung ini banyak diminati.

10. Lovebird Olive


lovebird olive

Selain lovebird hijau, lovebird olive juga termasuk jenis burung lovebird yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Jika dilihat, burung lovebird ini mempunyai warna yang agak gelap, warna sayapnya hijau gelap, badan dan lehernya berwarna kuning dengan warna kepala yang hitam.

11. Lovebird Mauve


lovebird mauve

Jenis lovebird mauve memiliki warna yang tidak beraturan, biasanya berwarna putih dengan corak hitam keabu abuan. Ada juga warna lain seperti mocca dan lainnya. Sekilas memang burung ini terlihat seperti burung albino, tapi bukan.

12. Lovebird Pastel


lovebird pastel

Kata pastel memiliki arti kalem atau tetang. Jadi warna burung lovebird pastel itu cenderung tenang, tidak terlalu mencolok atau terang. Burung ini juga banyak di incar oleh penggemar lovebird karena warnanya yang memang sangat indah.

Adapun beberapa jenis turunan dari lovebird pastel adalah pastel ijo (pasjo), pastel kuning (paskun), pastel biru (pasblue atau pasbir) dan pastel putih (pasput).

13. Lovebird Red Suffusion


lovebird red suffusion

Lovebird red suffusion atau ada juga yang menyebutnya red suffused adalah jenis lovebird yang memiliki warna dominan merah atau orange. Warna ini terjadi akibat dari kelainan genetik. Oleh karena itu burung lovebird jenis ini termasuk yang langka.

14. Lovebird Biru Mangsi


lovebird biru mangsi

Burung lovebird biru mangsi dinamakan seperti itu karena corak warna biru pada tubuhnya yang mirip seperti mangsi atau tinta, jika dilihat sekilat, warnanya terlihat sama dengan warna burung lovebird biru violet. Tapi jika dilihat lebih teliti lagi, maka warna dari burung lovebird jenis biru mangsi ini lebih tua seperti warna biru samudra.

15. Lovebird Biola


lovebird biola

Entah kenapa burung ini diberinama biola, yang jelas bentuk dan warnnya tidak seperti biola. Burung lovebird biola adalah jenis lovebird yang memiliki warna yang halus pada tubuhnya yang di dominasi warna hijau atau kuning bersih. Lovebird yang satu ini merupakan primadona dan cukup langka karena sulit untuk menghasilkan anakannya.

16. Lovebird Black Cheeked


lovebird black cheeked

Lovebird black cheeked atau ada juga yang menyebutnya dengan lovebird brewok karena warna hitam pada bagian pipinya yang mungkin sekilas jika dilihat seperti brewok. Ada juga beberapa orang yang menyebut jenis lovebird ini dengan sebutan lovebird berkerah hitam.

17. Lovebird Parblue


lovebird parblue

Lovebird parblue atau ada juga yang menyebutnya dengan yellow face karena memiliki warna kuning pada bagian wajah dan lehernya. Warna kuning pada bagian wajah burung ini tidak terlalu terang berbeda dengan lutino. Selain itu ada juga yang berwarna hitam seperti pada burung lovebird parblue perso.

Jika Anda mempunyai burung jenis lovebird parblue, maka Anda bisa mengawin silangkannya dengan burung lovebird biola. Karena Anda berkesempatan untuk mendaptakan anakan lovebird biola yang memang sulit untuk di dapatkan.

18. Lovebird Blorok


lovebird blorok

Lovebird blorok adalah jenis lovebird yang terbilang unik karena warnanya yang tidak beraturan antara warna yang satu dengan yang lainnya. Warna dasar lovebird brolok bisa apa saja, namun pada umumnya berwarna putih atau hijau. Untuk mendapatkan burung lovebird blorok Anda bisa mengawin silangkan antara burung lovebird jenis lutino dengan dakori.

19. Lovebird Albino


lovebird albino

Lovebird albino adalah lovebird yang memiliki warna polos di pada bulunya tanpa ada warna lain. Ada dua jenis burung lovebird albino yaitu albino mata merah dan albino mata hitam. Lovebird albino adalah jenis yang mempunyai kelainan genetik, sehingga untuk mendapatkannya memang sulit dan langka.

20. Lovebird Kepala Elang


lovebird kepala elang

Lovebird kepala elang atau ada juga yang menyebutnya dengan sable head adalah keturunan dari jenis lovebird violet yang mengalami mutasi pada kepalanya yang berwarna putih. Dinamakan kepala elang karena memang jika dilihat sekilas kepalanya memang mirip seperti elang.

21. Lovebird Halfsider


lovebird halfsider

Halfsider adalah jenis burung lovebird yang paling langka dan sangat sulit untuk dikembang biakan. Keunikan dari burung ini adalah memiliki perpaduan dua warna pada tubuhnya yaitu antara putih pada setengah bagian tubuhnya dan kuning pada setengah bagian lainnya.

Kalau dilihat sekilas, mungkin akan terlihat ada dua ekor, padahal hanya ada satu ekor. Dan perbedaan warna tersebut terletak tepat di tengah bagian tubuhnya. Sungguh benar-benar sangat unik dan langka.

Jenis Lovebird Untuk Lomba


Pada dasarnya semua jenis lovebird bisa saja di ikut sertakan dalam perlombaan, tinggal di lihat lagi apa yang dinilai dari perlombaan tersebut, apakah warna atau kicau.

Setelah itu, Anda baru bisa tentukan jenis lovebird mana yang cocok dan memiliki kualitas yang bagus yang dalap dilihat berdasarkan

  1. Bentuk kapala yang besar
  2. Bentuk leher yang panjang (untuk kicau)
  3. Kondisi bulu yang bersih dan mengkilap
  4. Postur tubuh proporsional
  5. Sayap yang mengapip
  6. Cengkraman kaki yang kuat
  7. Sorot mata yang tajam
  8. Cengkok suara tidak fals
  9. Gerakannya lincah
  10. Nafsu makan yang besar

Adapun jenis dari burung lovebird yang biasa di ikutsertakan dalam perlombaan adalah

  • Lovebird Parblue
  • Lovebird Blorok
  • Lovebird Lutino

Nah itu dia jenis burung lovebird yang paling bagus untuk di ikut sertakan dalam perlombaan berdasarkan warnanya. Silahkan Anda pikirkan kembali mana saja jenis lovebird yang ingin Anda pelihara atau diternakkan. Atau mau di ikut sertakan dalam lomba juga bisa. Tinggal di sesuaikan saja.

Baca Juga: Daftar Harga Burung Lovebird Terbaru Lengkap Semua Jenis

Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Semoga apa yang ada di dalam blog ini bisa bermanfaat untuk Anda. Salam Kicau Mania.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "21 Jenis Burung Lovebird Paling Bagus Untuk Lomba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel