4 Cara Menjodohkan Lovebird yang Terbukti Ampuh

Jika saat ini Anda sedang ingin menangkarkan burung lovebird atau hanya sekedar ingin lovebird yang Anda pelihara dapat beranak pinak, maka satu hal yang penting adalah cara menjodohkan lovebird.

Kenapa disebut penting? Karena proses perjodohan lovebird harus diperhatikan dengan cermat agar burung Anda bisa benar-benar berjodoh, bukan hanya sekedar berpasangan saja.

Mungkin disini Anda bertanya, "bukannya burung lovebird yang sudah berpasangan itu sudah pasti berjodoh?"

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua burung lovebird yang berpasangan itu berjodoh. Ini sering terjadi khususnya bagi mereka yang baru terjun di dunia penangkaran lovebird.

Cara Menjodohkan Lovebird

Terkadang burung lovebird yang berpasangan ternyata justru memiliki jenis kelamin yang sama. Walaupun terkadang mereka terlihat memiliki prilaku yang sekilas sama dengan lovebird yang berjodoh.

Sudah lama menunggu dan melihat bahwa burung lovebird sudah berpasangan lama tapi tidak kunjung bertelur. Ternyata kedua lovebird tersebut adalah jantan.

Namun ada juga yang sudah merasa senang karena indukan lovebird sudah bisa bertelur dan jumlahnya juga banyak. Sehingga ada yang mengira bahwa indukannya produktif, namun setelah di tunggu sekian lama telur tersebut tidak menetas.

Ternyata dia belum sadar bahwa kedua indukannya adalah betina, dan telur yang banyak itu berasal dari dua betina yang telurnya tidak di buahi oleh jantan sehingga tidak akan pernah menetas.

Persiapan Sebelum Menjodohkan Lovebird


Mengenal Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina


Berkaca dari kasus di atas, sangat penting bagi seorang breeder untuk benar-benar mengetahui apakah lovebird yang di jodohkannya itu adalah jantan dan betina atau bukan. Untuk itu silahkan simak ciri-ciri fisik lovebird jantan dan betina berikut ini.

Bentuk Ujung Sayap

Bentuk sayap pada burung lovebird sering dijadikan acuan untuk menentukan apakah ia jantan atau betina.

Lovebird jantan ujung sayapnya akan saling bertemu, atau saling menyilang. Sedangkan lovebird betina posisi ujung sayapnya tidak bertemu atau terbuka.

perbedaan lovebird jantan dan lovebird betina pada sayap

Dari gambar di atas, Anda bisa melihat perbedaan antara jantan dan betina dari ujung sayapnya. Ujung sayap yang saling bertemu adalah jantan dan ujung sayap yang saling berjauhan adalah lovebird betina. Sudah jelas?

Bentuk Ujung Ekor

Cara kedua yang paling mudah untuk menentukan lovebird jantan dan betina adalah bentuk dari ujung ekornya.

Lovebird jantan biasanya memiliki ujung ekor yang berbentuk lancip. Sedangkan betina ujung ekornya cenderung lebih bulat.

perbedaan lovebird jantan dan lovebird betina pada ekor

Silahkan Anda lihat gambar di atas. Sudah bisa menentukan mana jantan dan betina?

Sebetulnya kedua cara di atas bukanlah patokan mutlak, tapi itu adalah cara yang paling mudahnya. Untuk lebih dalam membahas tentang hal ini, silahkan Anda baca artikel tentang cara membedakan lovebird jantan dan betina.

Mengetahui Musim Kawin Burung Lovebird


Setelah Anda mengetahui perbedaan antara lovebird jantan dan betina, maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum mulai menjodohkan burung lovebird adalah mengetahui musim kawin burung lovebird.

Dengan mengetahui musim kawin burung lovebird maka hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses menjodohkan burung lovebird dengan lebih efektif serta memperlancar proses selanjutnya.

Di dunia ini ada beberapa jenis burung lovebird yang ternyata memiliki musim kawin yang berbeda.

Di alam liar, musim kawin antara lovebird peach-faced berbeda dengan musim kawin pada lovebird fiscer yang berasal dari Afrika.

Burung lovebird peach-faced mulai masuk musim kawin ketika bulan April, Oktober dan Februari sampai dengan bulan Maret, sementara burung lovebird Fiscer mulai masuk musim kawin ketika musim kemarau atau lebih tepatnya pada bulan Januari sampai dengan bulan Juli.

Ciri Ciri Burung Lovebird Siap Kawin


Tidak semua burung lovebird itu sudah siap kawin, untuk itu penting bagi Anda mengetahui ciri ciri burung lovebird yang sudah siap kawin.

Ciri Ciri Lovebird Berjodoh

Biasanya lovebird yang sudah siap kawin akan memberikan tanda sebagai sinyal kepada Anda untuk segera menjodohkannya dengan lovebird lain. Untuk itu silahkan simak dan catat ciri-cirinya berikut ini.


  • Burung lovebird jantan dan betina akan suara ngekek saling bersautan untuk menarik perhatian antara satu dengan yang lainnya,
  • Burung lovebird akan saling berdekatan satu sama lain meskipun mereka beda kandang,
  • Lovebird jantan akan bertindak seperti pahlawan dengan cara menyuapi betinanya,
  • Lovebird betina sering berposisi siap kawin, dan jantan ada di belakangnya.


Proses Cara Menjodohkan Burung Lovebird


Sekarang kita masuk kepada inti dari pembahasan artikel ini. Setidaknya ada 4 cara menjodohkan lovebird yang sudah saya tulis di bawah ini. Silahkan Anda baca semuanya untuk bekal ilmu dan menambah wawasan. Siapa tau semua cara ini Anda perlukan suatu saat nanti.

Proses Menjodohkan Burung Lovebird Koloni


Cara ini bisa Anda lakukan apabila Anda mempunyai indukan burung lovebird dalam jumlah banyak, atau lebih dari satu pasang. Selain itu cara ini juga lebih praktis dan efektif serta sering digunakan oleh penangkar burung yang masih pemula.

Prosesnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kandang burung dengan ukuran besar (sesuaikan dengan jumlah burung lovebird yang Anda miliki). Setelah itu Anda tinggal memasukkan seluruh indukan jantan dan betina ke dalam kandang tersebut. Nantinya burung lovebird akan mencari pasangannya sendiri sesuai dengan selera masing-masing.

Cara ini harus Anda lakukan dengan indukan jantan dan betina yang jumlahnya sama, agar seluruhnya dapat memiliki pasangan masing-masing nantinya.

Proses Menjodohkan Burung Lovebird Metode Poligami


Cara ini biasanya digunakan oleh penangkar yang tidak memiliki banyak burung lovebird. Prosesnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kandang yang ukurannya cukup besar, lalu masukkan 2 sampai 3 ekor indukan betina kedalam kandang dan masukkan 1 ekor indukan jantannya. Setelah itu biarkan mereka berjodoh.

Baca Juga: Tips Cara Menurunkan Birahi Lovebird

Anda tidak perlu khawatir karena burung lovebird adalah burung yang dapat membuahi lebih dari satu indukan betina. Jadi proses ini aman dan bisa lebih mempercepat proses perjodohan.

Proses Menjodohkan Lovebird Satu Pasang


Cara menjodohkan lovebird ini biasa dikenal dengan nama menjodohkan lovebird secara paksa, cara ini bisa Anda gunakan untuk:


  1. Anda hanya memiliki satu pasang burung lovebird,
  2. Anda memiliki satu ekor jantan dan satu ekor betina yang di dapat dari sumber yang berbeda dan belum berjodoh, 3. Anda ingin mengganti pasangan lovebird yang belum mengenal satu sama lain,
  3. Anda ingin menjodohkan lovebird galak
  4. Menjodohkan lovebird beda warna dan beda umur (dengan catatan, lovebird yang sudah siap kawin yaitu sekitar usia 8 bulan ke atas)


Prosesnya sangat mudah, yang perlu Anda persiapkan adalah kandang burung yang di dalamnya terdapat sekat. Nantinya sekat ini berperan besar untuk mencegah salah satu lovebird menyerang lovebird lainnya sehingga dapat menimbulkan sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Kandang Lovebird Sekat

Jika Anda tidak mempunyai kandang sekat seperti di atas, Anda bisa membelinya dulu di toko perlengkapan burung atau cara lainnya Anda bisa mengakalinya dengan cara menempelkan kandang harian lovebird jantan dan betina dengan posisi yang sama, sejajar dan tegak lurus.

Namun perlu di ingat bahwa jangan terlalu sering memindahkan kandangnya, dan lebih baik melakukan cara ini dengan cara di gantung pada ruangan khusus atau ditempat manapun yang penting suasananya tenang.

Proses ini memakan waktu yang berbeda-beda antara pasangan lovebird satu dengan yang lainnya. Yang perlu Anda lakukan adalah terus memantau perkembangannya.

Jika dalam beberapa hari lovebird sudah mulai mendekat, saling beradu paruh dan tidur saling berdekaan itu artinya proses menjodohkan sudah mulai berjalan sesuai dengan rencana.

Selanjutnya yang Anda lakukan adalah mengawinkan burung lovebird tersebut. Untuk caranya Anda bisa baca di pembahasan cara mengawinkan burung lovebird.

Proses Menjodohkan Lovebird dari Anakan


Sebetulnya proses ini Anda hanya membantu di awal saja, sisanya biarkan lovebird anakan / paud / balibu berjodoh dengan sendirinya.

Caranya, Anda hanya perlu menyiapkan kandang dengan ukuran yang besar (sesuaikan dengan jumlah burung lovebird). Lalu Anda masukkan lovebird anakan / paud / balibu kedalam kandang tersebut. Biasanya anakan lovebird sudah bisa dimasukkan dalam kandang ketika usianya satu bulan.

Lovebird yang hidup bersama dengan waktu yang cukup lama akan menemukan jodohnya sendiri. Proses ini akan berlangsung secara alami.

Baca Juga: Macam Macam Jenis Burung Lovebird Lengkap

Nah itu dia 4 cara menjodohkan burung lovebird yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di dalam blog ini. Jika bermanfaat, Anda bisa share artikel ini melalui akun sosial media Anda agar teman Anda juga bisa ikut mengetahuinya.

Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Semoga apa yang ada di dalam blog ini bisa bermanfaat untuk Anda. Salam kicau mania.

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "4 Cara Menjodohkan Lovebird yang Terbukti Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel