Tips Cara Menurunkan Birahi Lovebird yang Baik dan Benar

Loading...
Loading...
Cara menurunkan birahi lovebird memang gampang-gampang susah. Bukan berarti tidak bisa ya. Bisa saja Anda menurunkan birahi lovebird yang sedang meningkat asalkan sabar dan konsisten. Dua hal itu kuncinya.

Jika kondisi birahi burung lovebird masih dalam kondisi yang normal, maka hal ini tidak akan terlalu menjadi masalah. Yang mungkin menjadi masalah adalah ketika burung lovebird over birahi.

Over birahi adalah kondisi dimana libido burung lovebird dalam keadaan sedang begitu meningkat.

Sebetulnya over birahi ini bisa menjadi sebuah hal yang bermanfaat dan juga bisa menjadi sesuatu yang tidak di inginkan oleh pecinta burung lovebird.

Cara Menurunkan Birahi Lovebird

Bermanfaat apabila Anda ingin melakukan ternak burung lovebird. Namun akan menjadi suatu masalah apabila Anda ingin mengikut sertakan burung lovebird Anda dalam suatu perlombaan atau kontes.

Pasalnya burung lovebird yang sedang birahi hanya akan berdiam diri di bawah kandang atau dalam kondisi merayap di dasar kandang tanpa pernah mengeluarkan suara ngekeknya. Jika sudah seperti itu, kemungkinan akan percuma Anda mengikut sertakannya dalam lomba karena dapat dipastikan tidak akan juara.

Untuk itulah penting bagi Anda mengetahui cara menurunkan birahi burung lovebird.

Faktor Penyebab Over Birahi Pada Lovebird


Tapi sebelum itu, Anda harus tahu dulu penyebab apa yang membuat burung lovebird Anda over birahi.

Ada beberapa hal yang menyebabkan lovebird Anda over birahi, diantaranya adalah faktor lingkungan, cara perawatan burung lovebird yang kurang tepat dan juga yang paling umum terjadi adalah pemberian pakan yang terlalu berlebihan.

Untuk mengetahui seperti apa burung lovebird yang terkena over birahi, silahkan baca artikel tentang ciri ciri lovebird birahi di dalam blog ini.

Dan ada satu hal lagi yang mesti Anda ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan penanganan lovebird over birahi yaitu mengetahui usia dari burung lovebird tersebut.

Apabila burung lovebird Anda sudah dewasa dan mengalami over birahi, penanganan yang paling tepat adalah dengan cara mengawinkannya. Tapi jika yang terkena over birahi adalah lovebird anakan atau paud atau balibu, silahkan simak cara mengatasi lovebird birahi di bawah ini.

Cara Menurunkan Birahi Burung Lovebird


Cara yang akan saya berikan ini sebetulnya bisa diterapkan pada lovebird usia apa saja, begitu pula untuk usia dewasa apabila Anda tidak mempunyai indukan betina untuk menemani lovebird Anda kawin.

Oke langsung saja kita mulai pembahasannya.

Tingkatkan Waktu dan Durasi Mandi


lovebird mandi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak waktu mandi dan durasi mandi burung lovebird.

Misal, dalam sehari burung lovebird Anda hanya mandi 1 kali, maka saat birahi tingkatkan waktu mandinya menjadi 2 kali, begitu juga jika biasanya 2 kali sehari maka tingkatkan menjadi 3 kali sehari.

Durasi mandi juga dapat Anda tingkatkan. Misal, biasanya durasi mandi burung lovebird Anda setiap kali mandi adalah 15 menit, maka saat birahi tingkatkan durasi mandinya menjadi 20 menit.

Untuk waktunya sendiri, Anda bisa memandikan burung lovebird pada waktu pagi hari sebelum matahari terbit, sore hari dan juga pada malam hari sekitar pukul 22:00 sampai dengan 00:00.

Untuk memandikan waktu malam, Anda harus memperhatikan cuaca disekitar terlebih dahulu. Jika cuaca sedang dingin, maka urungkan saja mandi malam ini. Hal ini bertujuan agar burung Anda tidak kedinginan dan jatuh sakit. Atau jika Anda tetap ingin memandikan lovebird, Anda bisa melakukan terapi mandi lovebird menggunakan air hangat.

Yang tidak kalah pentingnya lagi adalah meskipun di awal saya memberikan saran untuk memperpanjang durasi mandi, tapi Anda juga jangan terlalu berlebihan saat memandikannya. Tetap perhatikan kondisi burung lovebird juga agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Pengembunan dan Penjemuran Rutin


menjemur burung lovebird

Lakukan pengembunan pada waktu subuh. Waktu subuh sangat baik untuk pernafasan burung lovebird Anda karena udara yang masih bersih dan segar karena belum terlalu begitu tercampur dengan polusi. Dan pada saat ini pula burung lovebird Anda akan lebih sering berkicau dengan suara kicau lovebird yang keras.

Sementara untuk penjemurannya sendiri, Anda dapat melakukannya setelah burung lovebird dimandikan atau pada saat matahari terbit sampai dengan pukul 09:00.

Diusahakan untuk tidak menjemur burung lovebird melewati pada pagi hari atau di atas jam 10:00 karena panas matahari ketika melewati jam segitu sudah mulai banyak mengandung sinar ultraviolet yang kurang baik untuk bulu burung lovebird Anda.

Nah kedua cara tersebut dapat Anda lakukan selama dua bulan berturut-turut dengan teratur, meskipun nantinya burung lovebird Anda sudah tidak over birahi lagi.

Hentikan Pemberian Pakan Penyebab Birahi


Pada bagian awal saya sudah menyebutkan beberapa hal yang dapat menyebabkan burung lovebird over birahi. Salah satunya adalah makanan.

Adapun beberapa makanan yang bisa menyebabkan over birahi pada lovebird jika diberikan dengan jumlah yang tidak terukur adalah kuwaci, kangkung, jagung muda dan juga apel merah.

Jenis makanan itu jika diberikan dengan jumlah yang berlebihan dapat memicu birahi burung lovebird. Untuk itu, saat burung lovebird sedang birahi, hindari memberi makanan burung lovebird dengan pakan tersebut.

Memberi Makan Lovebird Birahi Dengan Ketimun


timun makanan lovebird

Ketimun atau timun atau mentimun adalah jenis sayuran dipercaya ampuh untuk menurunkan birahi burung lovebird karena kandungan air di dalamnya yang begitu melimpah.

Untuk waktunya sendiri, Anda bisa memberi makan lovebird menggunakan timun pada saat pagi hari ketika kondisi lovebird dalam keadaan lapar.

Hal ini dilakukan agar lovebird mau makan ketimun, sebab pada dasarnya tidak semua burung lovebird suka ketimun. Sehingga, sengaja diberikan pada saat lovebird lapar agar ia mau makan ketimun tersebut, walaupun dengan keadaan yang terpaksa dan tidak dihabiskan.

Memberi Daun Kemangi


daun kemangi makanan lovebird

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menstabilkan birali lovebird dengan daun kemangi ini. Cara pertama adalah sama seperti ketimun di atas, yaitu diberikan secara langsung. Tapi kadang ada beberapa lovebird yang tidak menyukai daun kemangi.

Solusinya juga sama seperti ketimun, berikan di saat lovebird merasa lapar, biasanya di pagi hari. Nanti dengan terpaksa lovebird akan memakan daun kemangi tersebut karena merasa lapar dan tidak ada lagi yang bisa dimakan selain daun kemangi tersebut.

Cara yang kedua adalah dengan menyeduh daun kemangi tersebut di dalam air panas, lalu air seduhan daun kemangi itu dijadikan sebagai minuman burung lovebird.

Terapi Kandang Umbaran


kandang umbaran lovebird

Kandang umbaran adalah kandang yang ukurannya lebih besar dan panjang, sehingga nantinya burung lovebird Anda dapat terbang kesana kemari secara leluasa. Hal ini berguna untuk membuat lovebird lebih sehat dan terhindar dari stress.

Anda bisa mulai memasukkan lovebird ke kandang umbaran pada waktu pagi sampai dengan sore hari. Selagi di dalam kandang umbaran, Anda juga bisa melakukan pemasteran dengan suara burung masteran.

Untuk jaga-jaga, Anda lebih baik menaruh lovebird sendirian di kandang umbaran, jangan di campur dengan lovebird lain. Biasanya lovebird yang sedang over birahi akan menjadi galak dan suka menyerang lovebird lain. Pemisahan ini bertujuan agar hal tersebut tidak terjadi.

Tutup Kandang Menggunakan Kerodong


kerodong kandang lovebird

Lingkungan juga dapat mempengaruhi birahi lovebird. Untuk itulah sebaiknya Anda mengkondisikan lingkungan sekitar agar tetap tenang dan nyaman.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkerodong kandang burung lovebird pada malam hari.

Selain untuk membuat suasana lebih tenang dan nyaman, kerodong juga berguna untuk membuat kandang lebih hangat, sehingga di harapkan birahi lovebird akan menurun nantinya.

Sebetulnya tidak terlalu sulit cara menurunkan birahi lovebird, yang perlu Anda ingat adalah konsisten dan sabar dalam melakukan cara yang sudah di sebutkan di atas. Jika caranya benar, birahi lovebird akan turun dan normal kembali.

Baca Juga: Cara Menjodohkan Burung Lovebird yang Terbukti Ampuh

Sekian pembahasan tentang cara menurunkan birahi burung lovebird. Semoga apa yang telah di sampaikan di blog unsur rimba ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di dalam blog ini. Salam kicau mania.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "Tips Cara Menurunkan Birahi Lovebird yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel