6 Perbedaan Kenari Jantan dan Betina (Dewasa dan Anakan)

Loading...
Loading...
Burung kenari adalah salah satu jenis burung yang antara jantan dan betinanya memiliki kesamaan dan tidak mudah untuk di bedakan jika hanya dilihat sekilas saja. Maka dari itu, banyak orang yang kesulitan dalam mebedakannya sehingga membutuhkan pengetahuan tentang perbedaan kenari jantan dan betina.

Mengetahui perbedaan kelamin burung kenari jantan dan betina sangat penting bagi Anda yang saat ini ingin belajar menangkarkan burung kenari atau hanya sekedar ingin kenari peliharaannya dapat beranak pinak.

Peminatnya yang banyak dan permintaan yang terus meningkat membuat sebagian orang melihat peluang ini sebagai ladang bisnis. Apa lagi ditambah harga burung kenari yang cenderung stabil di pasaran.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

Hal ini tidak lepas dari karakter suara kicau burung kenari itu sendiri yang begitu banyak digemari orang serta warna bulunya yang indah.

Selain itu, perawatan burung kenari juga sangat mudah untuk dilakukan dan makanan burung kenari juga sangat mudah di dapat. Hal ini semakin menambah daya minat masyarat dengan burung yang satu ini.

Jika saat ini Anda kesulitan dalam membedakan antara kenari jantan dan betina, maka silahkan Anda sisihkan waktu beberapa menit saja untuk dapat membaca artikel ini sampai selesai.

Dengan membaca artikel ini sampai selesai, Anda akan dengan mudah bisa memahami cara membedakan burung kenari jantan dan betina beserta ciri ciri kenari jantan dan betina secara fisik.

Selain perbedaan kenari jantan dan betina dewasa, disini juga saya akan bahan perbedaan kenari jantan dan betina anakan / usia muda / trotolan / bakalan mulai dari usia 1, 2, 3, 4 dan 5 bulanan.

Mari lihat pembahasannya di bawah ini.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Anakan


Awal pembahasan saya akan mulai dari kenari yang masih usia muda atau anakan. Selanjutnya setelah ini baru masuk ke pembahasan yang dewasa.

Usia 37 Hari


Pada usia ini, Anda dapat membedakan kenari jantan dan betina melalui garis hitam pada perut burung kenari yang menuju kloaka. Jika ada garis hitam dari perut menuju kloaka maka kenari tersebut adalah jantan. Sebaliknya, jika tidak ada maka itu adalah kenari betina.

Usia 2 Minggu


Untuk usia ini memang tidak bisa langsung dilihat secara lebih mendetail, tapi Anda bisa melihat dari bentuk fisiknya. Untuk kenari jantan ukuran tubuhnya lebih besar jika dibandingkan dengan yang betina. Selain itu pada usia ini Anda juga bisa melihat dari lompatannya, lompatan kenari jantan lebih jauh dari pada kenari betina.

Usia Muda (2, 3, 4 Sampai 5 Bulanan)


Ketika masuk usia muda, Anda sudah bisa melihat secara fisik lebih mendetail untuk membedakan jenis kelamin burung kenari dengan cara sebagai berikut

Pertama yang bisa Anda lihat adalah warna bulu pada bagian kepalanya. Burung kenari jantan akan memiliki warna bulu pada bagian kepala yang lebih cerah jika dibandingkan dengan kenari betina.

Kedua yang bisa Anda lihat adalah bentuk kepalanya. Burung kenari jantan bentuk kepalanya cenderung lebih pipih, sementara betina bentuk kepalanya cenderung lebih bulat.

Ketiga adalah suara saat dipisahkan dari induknya. Untuk burung kenari jantan ketika dipisahkan dari induknya akan berbunyi ngeriwik, sementara yang betina biasanya akan lebih tenang dan diam.

Keempat adalah dari bentuk kloakanya. Untuk burung kenari jantan bentuk kloakanya lebih menonjol dan lebih tegak lurus, sementara burung kenari betina bentuk kloakanya lebih datar dan rata.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Saat Dewasa


Setelah pembahasan yang anakan, sekarang kita masuk pembahasan perbedaan jantan dan betina pada burung kenari yang sudah dewasa. Ada beberapa kesaaman yang ada pada kedua pembahasan ini, terutama antara yang mudah dan dewasa. Silahkan disimak.

Bentuk Kloaka


Bentuk kloaka burung kenari

Sama seperti burung kenari muda, kenari dewasa jantan akan memiliki bentuk kloaka yang menonjol dan tegak lurus, sementara yang betina dewasa lebih rata dan datar.

Suara Burung Kenari


Suara kicau burung kenari jantan akan lebih keras, gacor dan ngeroll. Sementara yang betina cenderung lebih diam. Walaupaun ada beberapa betina yang aktif berkicau namun kicauannya tidak sekeras yang jantan dan suaranya akan putus-putus.

Bentuk Tubuh


Bentuk tubuh burung kenari

Bentuk tubuh dari burung kenari jantan biasanya lebih ramping serta panjang, sedangkan burung kenari betina bentuk tubuhnya cenderung pendek dan bulat.

Bentuk Kepala


Sama seperti pada kenari mudah, bentuk kepala dari burung kenari jantan dewasa cenderung lebih pipih, sementara burung kenari betina dewasa bentuk kepalanya lebih bulat.

Posisi Mata


posisi mata burung kenari

Posisi mata burung kenari jantan dewasa jika di ukur akan sejajar posisinya dengan paruh, sementara burung kenari betina jika di ukur posisi matanya sedikit lebih ke atas dari paruhnya.

Bentuk Kaki


bentuk kaki burung kenari

Pada burung kenari jantan, bentuk kakinya lebih panjang dan jari kakinya akan lebih renggang, sementara bentuk jari kaki pada burung kenari betina akan lebih rapat tapi ukuran kakinya lebih pendek.

Sebetulnya gampang bukan untuk membedakan antara kenari jantan dan betina? Bahkan saya yakin Anda sendiri juga bisa melakukannya di rumah.

Tapi jika Anda masih belum yakin dengan cara di atas, Anda bisa menanyakannya langsung pada orang yang memang ahli dan sudah berpengalaman di dunia kenari.

Dengan begitu Anda nantinya bisa belajar lebih tentang burung kenari pada orang itu.

Baca Juga: Download Suara Burung Kenari Betina MP3

Sekian pembahasan kali ini tentang burung kenari. Semoga apa yang sudah di bahas pada artikel kali ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Salam kicau mania.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "6 Perbedaan Kenari Jantan dan Betina (Dewasa dan Anakan)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel