18 Jenis Burung Nuri di Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

Loading...
Loading...
Jenis Burung Nuri - Burung nuri atau ada juga orang yang menyebutnya dengan burung perkici dan burung kasturi adalah jenis burung yang masih keturunan burung paruh bengkok, atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Psittaciformes. Burung ini memiliki banyak sekali keunggulan, satu diantara keunggulan burung nuri yang paling menonjol adalah warna bulunya yang indah dan juga sangat memanjakan mata.

Hal lain yang membuat banyak orang tertarik untuk memelihara burung nuri adalah karena kecerdasannya dalam menirukan berbagai macam jenis suara, baik itu suara manusia (bisa bicara seperti manusia), maupun suara burung lainnya. Meskipun begitu, tidak semua jenis burung nuri dapat menirukan berbagai macam suara, ada juga yang memang tidak begitu pandanai dalam menirukan suara.

Walaupun begitu, tetap saja burung nuri adalah jenis burung yang cerdas dan sangat mudah sekali untuk dijinakkan oleh pemiliknya.

Banyaknya permintaan burung nuri di pasaran, membuat burung nuri banyak dicari oleh para penjual, baik itu di tangkarkan ataupun dengan cara menangkapnya langsung di alam liar.

Hal ini menyebabkan populasi burung nuri di alam liar dari tahun ke tahun semakin menurun, bahkan ada beberapa jenis di antaranya sudah mulai langka sehingga membuat statusnya menjadi dilindungi oleh pemerintah.

Sebetulnya di dunia ini ada banyak sekali spesies dan jenis burung nuri, dan hebatnya, 40% diantaranya berada di Indonesia, tepatnya di Indonesia bagian timur seperti Papua, Maluku dan pulau-pulau disekitarnya.

Untuk lebih mengetahui secara lengkap tentang jenis burung nuri ini, saya sudah berikan penjelasan lengkapnya di bawah ini yang saya kelompokan berdasarkan kecerdasannya dalam berbicara dan juga statusnya apakah dilindungi atau tidak. Silahkan disimak.

Jenis Burung Nuri di Indonesia


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa ada beberapa jenis burung nuri yang dilindungi oleh pemerintah. Bahkan pada tanggal 11 Juli 2018 lalu, pemerintah mengeluarkan berita tentang daftar jenis burung nuri yang dilindungi serta wajib untuk kita lestarikan. Apa saja kah itu, mari disimak.

Jenis Burung Nuri yang Dilindungi


Pertama saya akan bahas yang dilindungi terlebih dahulu, setelah itu baru masuk pada pembahasan burung nuri yang bisa bicara. Jadi, silahkan baca sampai selesai.

Burung Nuri Kepala Hitam (Lorius Lory)


burung nuri kepala hitam

Nuri kepala hitam atau ada juga orang yang menyebutnya dengan katsuri kepala hitam adalah salah satu jenis burung nuri atau paruh bengkok yang statusnya dilindungi oleh pemerintah sejak beberapa tahun belakangan ini. Hal ini terjadi karena populasi burung nuri kepala hitam di alam liar yang semakin berkurang, sehingga kita juga harus ikut berperan dalam menjaga populasinya agar burung ini tidak punah.

Nuri kepala hitam memiliki habitat di bagian Timur Indonesia seperti Papua, Ambon dan Ternate. Sesuai dengan namanya, ciri khas dari burung ini adalah adanya mahkota atau bulu yang berwarna hitam pada bagian atas kepalanya, sementara untuk bagian tubuh serta sayapnya divariasi dengan warna lain seperti kuning, merah, hijau dan putih.

Burung nuri kepala hitam dikenal karena kecerdasannya dalam menirukan beberapa suara seperti suara bicara manusia, suara burung lain serta suara hewan lain seperti kucing dan yang lainnya.

Burung Nuri Kepala Merah (Lorius Garnulus)


burung nuri kepala merah

Burung nuri kepala merah juga sering disebut dengan burung nuri ternate, ia memiliki ciri khas dengan warna bulunya yang didominasi dengan warna merah dari bagian kepala hingga tubuh bagian bawah, sementara untuk bagian sayapnya diwarnai dengan warna hijau, kuning dan juga abu-abu pada bagian sekitar matanya. Ukuran tubuhnya cukup besar yaitu sekitar 30 cm.

Burung nuri kepala merah juga merupakan jenis nuri yang cerdas dan bisa menirukan berbagai macam suara. Namun sayangnya populasi burung nuri kepala merah sudah semakin langka, sehingga membuat ia menjadi jenis burung yang dilindungi oleh pemerintah.

Burung Nuri Pelangi (Trichoglossus Haematodus)


burung nuri pelangi

Burung nuri pelangi memiliki warna bulu yang sangat indah, maka tak heran jika burung ini diberi nama pelangi, sebab warna bulunya memang seperti palangi, yaitu campuran dari warna biru, kuning, merah dan hijau.

Nuri pelangi juga merupakan jenis burung nuri yang bisa bicara dan menirukan berbagai macam suara, tapi sayangnya populasi burung nuri pelangi di alam liar tidak begitu banyak dan semakin berkurang. Hal ini membuat burung nuri pelangi termasuk jenis burung yang dilindungi oleh pemerintah.

Burung Nuri Dora (Trichoglossus Ornatus)


burung nuri dora

Burung nuri dora memiliki habitat asli di hutan primer, hutan sekunder, dataran tinggi, hutan pesisir, hutan rawa, hutan mangrove, pinggiran hutan serta pohon kelapa. Ia berasal dari wilayah Sulawesi tepatnya di beberapa pulau sekitaran sulawesi seperti pulau Sanghie, Talaud, Bangka, Keulauan Togian, Menterawu, Batung, Kepulauan Tukangbesi, Muna dan juga Kepulauan Banggai.

Warna burung nuri dora sangat bervarisi dengan banyak corak seperti hijau, merah kuning dan juga biru, ia juga memiliki mahkota atau warna biru pada bagian atas kapalnya. Ukuran burung ini sekitar 25 cm dan memiliki ekor yang runcing. Populasinya di alam liar semakin berkurang dan sangat sulit untuk ditemukan, maka tak heran jika status burung ini adalah dilindungi oleh pemerintah.

Burung Nuri Maluku (Eos Bornea)


burung nuri maluku

Burung Nuri Maluku memiliki habitat di hutan primer, hutan mangrove, hutan sekunder dan juga di sekitaran perkebunan kelapa. Ia berasal dari Maluku dan beberapa pulau disekitarnya seperti Haruku, Ambon, Kepulauan Banda, Seram Laut, Watubela dan juga Saparua.

Lihat Juga: Download Suara Burung Nuri Mp3 dari Berbagai Jenis

Ciri dari burung ini adalah warna bulunya yang didominasi dengan warna merah serta ada beberapa corak warna hitam dan biru pada bagian sayapnya. Burung ini juga bisa berbicara dan menirukan berbagai macam suara. Tapi untuk bisa melakukan hal itu, burung ini harus melakukan latihan yang tidak mudah. Namun sayangnya, burung ini statusnya dilindungi oleh pemerintah, tapi Anda masih bisa memelihara burung ini dengan beberapa persyaratan tertentu.

Burung Nuri Talaud (Eos Histno)


burung nuri talaud

Burung nuri talaud adalah burung endemik sulawasi, tepatnya sulawesi utara. Ciri dari burung ini adalah warna ekor ungu kemerahan, warna paruhnya jingga cerah, warna sayapnya merah yang dicoraki denganw warna hitam serta warna biru keunguan yang terbentang dari atas kepalanya sampai ke punggung.

Karena habitatnya yang terbatas, maka burung ini juga termasuk jenis yang dilindungi oleh pemerintah karena populasinya juga yang semakin tahun semakin berkurang.

Burung Nuri Tanimbar (Eos Reticulata)


burung nuri tanimbar

Burung nuri tanimbar memiliki habitat di hutan primer, hutan sekunder, hutan mangrove dan juga hutan terbuka. Makanannya adalah buah dan nektar bunga. Ukuran tubuhnya cukup besar yaitu sekitar 31 cm. Warna burung ini cukup indah yaitu didominasi dengan warna merah yang dicampur dengan garis warna biru pada bagian leher hingga punggungnya, ada juga warna biru pada bagian matanya seperti memakai topeng.

Yang unik dari burung ini adalah, ia sering mengepakkan sayapnya ketika mendengar suara lonceng dan bunyi-bunyi lain yang agak asing menurutnya.

Status burung ini dilindungi oleh pemerintah karena populasinya yang semakin berkurang. Jika Anda ingin melihat burung ini, Anda bisa datang ke kebun binatang atau datang langsung ke habitat aslinya di Kepulauan Tanibar Nusa Tenggara Timur.

Burung Nuri Sayap Hitam (Eos Cyanogenia)


burung nuri sayap hitam

Burung nuri sayap hitam dikenal juga dengan nama burung nuri merah biak. Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki ciri khas yaitu warna bulu yang didominasi dengan warna merah serta warna hitam pada bagian sayap serta punggungnya. Burung ini juga memiliki warna ungu pada bagian matanya yang membuat ia seperti memakai topeng.

Burung nuri sayap hitam memiliki habitat di sekitaran pesisir Pulau biak serta pulau-pulau yang ada di teluk cenderawasih (papua). Populasinya saat ini sudah semakin terancam, sehingga membuat burung ini berstatus dilindungi. Jika Anda ingin memelihara burung ini, maka Anda harus mengikuti aturan serta undang-undang yang berlaku.

Burung Nuri Kalung Ungu (Eos Squamata)


burung nuri kalung ungu

Sesuai dengan namanya, burung nuri kalung ungu memiliki warna ungu pada bagian lehernya yang terlihat seperti kalung, selain itu, burung ini juga memiliki warna merah pada bagian badannya serta hitam pada bagian sayapnya.

Sekilas, burung ini mirip dengan burung nuri merah, bedanya adalah, burung nuri merah tidak mempunyai corak atau polos.

Nuri kalung ungu memiliki habitat asli di Maluku Utara dan juga Papua. Burung ini dilingungi karena populasinya yang semakin berkurang di alam liar.

Burung Nuri Telinga Biru (Eos Semilarvata)


burung nuri telinga biru

Sesuai dengan namanya, burung nuri telinga biru memang memiliki warna biru pada bagian sisi kepalanya yang telihat seperti telinga. Selain itu, burung ini juga memiliki warna merah pada bagian kepala hingga setengah tubuhnya, serta biru gelap pada bagian sentengah tubuh lainnya sampai ke ekor.

Baca Juga: Daftar Harga Burung Nuri Terbaru Semua Jenis

Burung nuri telinga biru juga memiliki kecerdasan yang dapat menirukan berbagai macam suara dan juga bisa bicara. Burung ini juga termasuk jenis burung nuri kecil, dengan panjang tubuhnya hanya sekitar 24 cm. Burung ini ketika masih anakan memiliki warna paruh pink, sementara ketika sudah dewasa warna paruhnya berubah menjadi orange.

Populasinya di alam liar memang masih tergolong aman, tapi pemerintah menetapkan status burung ini sebagai burung yang dilindungi, sehingga jika Anda ingin memeliharanya maka harus mematui peraturan dan undang-undang yang berlaku.

Burung Nuri Hitam (Chalcopsitta Atra)


burung nuri hitam

Sesuai dengan namanya, burung nuri hitam memang memiliki warna yang didominasi dengan warna hitam, tapi tidak sepenuhnya hitam karena ada beberapa bagian tubuhnya yang berwarna kuning orangy pada bagian ujung sayap serta ekornya.

Burung nuri hitam juga bisa berbicara, tapi melatihnya memang harus sabar. Namun sayangnya, populasi burung nuri hitam saat ini sudah terancam punah sehingga ia termasuk jenis burung yang dilindungi oleh pemerintah. Jika Anda ingin memeliharanya, maka harus mematuhi persyaratan yang berlaku sesuai dengan undang-undang.

Burung Nuri Aru (Chalcopsitta Scintillata)


burung nuri aru

Burung nuri aru memiliki ciri khas unik yang berbeda dari burung nuri pada umumnya, yaitu warnanya yang didominasi dengan warna hijau pudar serta bercak berwarna hitam pada sekujur tubuhnya. Ia juga memiliki mahkota atau warna bulu merah pada bagian atas kepalanya. Jika dilihat dari kejauan, warna burung ini seperti warna hitam.

Ukuran tubuh burung nuri aru adalah sekitar 32 cm, ia memiliki habitat di pulau Papua bagian selatan. Populasinya sudah semakin berkurang sehingga membuat burung ini dilindungi oleh pemerintah.

Burung Nuri Macan (Psittacella)


burung nuri macan

Burung nuri macam memiliki ciri khas yaitu warna bulunya yang didominasi dengan warna hijau serta terdapat loreng-loreng pada bagian kepala serta badannya. Baru-baru ini, pemerintah menetapkan bahwa burung nuri macan sebagai jenis burung yang dilindungi.

Ada beberapa jenis burung macan yang ada di dunia ini, diantaranya adalah


  • Burung nuri macan lorentz
  • Burung nuri macan berbiru
  • Burung nuri macan brehm
  • Burung nuri macan sederhana
  • Burung nuri macan madarazi


Masing-masing dari jenis burung nuri macan ini memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri.

Burung Nuri Raja Ambon (Alisterus Amboinensis)


burung nuri raja ambon

Burung nuri raja ambon memiliki ciri khas yaitu warna bulu pada bagian kepala dan badannya yang berwarna merah, warna sayap hijau, warna punggunya biru, serta terdapat warna ungu pada bagian sekeliling matanya. Burung ini memiliki habitat di pulau Paling, Papua Barat serta Maluku.

Pemerintah menetapkan burung nuri raja ambon sebagai burung yang dilindungi. Selain raja ambon, ada beberapa jenis burung nuri raja lain yang dilingungi seperti burung nuri raja papua (aprosmictus erythropterus), burung nuri raja kembang (aprosmictus jonquillaceus) dan juga burung nuri raja sayap kuning (alisterus cholopterus).

Burung Nuri Bayan (Eclectus Roratius)


burung nuri bayan

Ada yang berbeda dari burung nuri bayan jika dibandingkan dengan jenis burung nuri lainnya, yaitu perbedaan warna antara burung nuri bayan jantan dan juga burung nuri bayan betina. Biasanya burung nuri bayan jantan memiliki warna tubuh yang didominasi dengan warna hijau serta bagian sayap yang berwarna merah dan biru, sementara untuk yang betina didominasi dengan warna merah serta warna biru dan kekuningan pada bagian ekor dan sayapnya.

Burung nuri bayan juga statusnya dilindungi oleh pemerintah, sehingga Anda perlu persyaratan khusus ketika hendak memeliharanya.

Burung Nuri Kabare (Psittrichas Fulgidus)


burung nuri kabare

Pemanpilan burung nuri kabare atau burung katsuri raja bisa dibilang sangat menyeramkan, mirip seperti burung pemakan bangkai dan juga burung elang. Warna bulunya juga tidak begitu menarik, yaitu hanya berwarna hitam dan merah pada bagian sayapnya.

Tapi siapa sangka bulu burung nuri kabare ini bisa dijual dengan harga yang cukup mahal. Hal ini membuat burung ini semakin langka serta statusnya kini dilindungi oleh pemerintah.

Burung Nuri Tanau (Psittinus Cyanurus)


burung nuri tanau

Hampir sama dengan burung nuri bayan, burung nuri tanau juga memiliki perbedaan antara jantan dan betinanya. Nuri tanau jantan biasanya memiliki warna abu kebiruan pada bagian atas kepalanya yang biasa juga disebut sebagai mahkota, warna itu menjalar sampai pada bagian dadanya, sementara untuk bagian punggung, sayap, ekor serta pahanya berwarna hijau tua kehitaman.

Sementara untuk burung tanau betina memiliki warna coklat keabuan pada bagian mahkota kepala sampai ke bagian tenggorokan. Warna sayap dan punggunya biru tua, serta warna kuning pada bagian bawah tubuhnya.

Burung ini juga populasinya sudah semakin langka dan sulit untuk ditemukan di alam liar, maka dari itu, pemerintah menetapkan burung ini sebagai burung yang dilindungi.

Burung Nuri Dusky


burung nuri dusky

Burung nuri dusky atau ada juga orang yang menyebutnya dengan nama burung nuri kelam adalah jenis burung nuri yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat.

Ciri khas dari burung ini adalah corak warna bulunya yang didominasi dengan warna hitam, kuning dan orange kemerahan.

Meskipun burung ini banyak dipelihara, tapi nyatanya burung nuri dusky juga termasuk jenis burung yang dilindungi oleh pemerintah. Penetapan ini dilakukan pada bulan Juli 2018 lalu. Maka dari itu, jika Anda ingin memelihara burung ini harus mematuhi persyaratan sesuai dengan undang-undang.

Jenis Burung Nuri yang Bisa Bicara


Dari beberapa jenis burung nuri dilindungi di atas, ada beberapa yang memiliki kecerdasan untuk bisa menirukan berbagai macam suara, termasuk suara manusia atau bisa bicara, jenis burung nuri apa saja yang bisa bicara? Berikut penjelasannya.


  1. Burung Nuri Kepala Hitam
  2. Burung Nuri Kepala Merah
  3. Burung Nuri Pelangi
  4. Burung Nuri Maluku
  5. Burung Nuri Telinga Biru
  6. Burung Nuri Hitam
  7. Burung Nuri Bayan


Jika Anda ingin memelihara burung nuri, maka sebaiknya perhatikan dengan baik dan benar kejelasan serta asal usul dari burung tersebut, pasalnya burung nuri adalah jenis burung yang dilindungi, sehingga Anda tidak bisa dengan sembarangan melakukan transaksi jual beli burung nuri.

Tapi Anda jangan salah paham dulu, meskipun burung nuri adalah burung yang dilindungi, tetapi burung nuri masih bisa untuk dipelihara, hal ini sesuai dengan PP No. 8 Tahun 1999 tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar dalam pasal 11 disebutkan bahwa hasil penangkaran satwa liar yang dilingungi dari generasi kedua dan generasi berikutnya bisa digunakan untuk keperluan perdagangan. Hasil penangkaran satwa liar yang dilindungi dari generasi kedua dan generasi seterusnya dinyatakan sebagai jenis satwa liar yang tidak dilindungi.

Baca Juga: Macam Macam Jenis Burung Lovebird Lengkap

Untuk itu, Anda harus memastikan saat membeli burung nuri, burung tersebut sudah memiliki sertifikat dan SATS-DN dari pihak BKSDA.

Semoga informasi yang ada di dalam blog ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Salam kicau mania.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "18 Jenis Burung Nuri di Indonesia yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel