10 Perbedaan Pleci Jantan dan Betina dari Fisik dan Prilakunya

Loading...
Loading...
Perbedaan Pleci Jantan dan Betina - Cara membedakan burung pleci jantan dan betina memang harus Anda ketahui ketika Anda memelihara burung pleci dengan tujuan apapun. Dengan mengetahui perbedaan kelamin burung pleci ini, Anda akan dengan mudah untuk memeliharanya nanti.

Untuk orang yang sudah lama terjun di dalam hobi burung pleci atau yang disebut denga pleci mania (pleman) mungkin sudah tidak terlalu kesulitan untuk membedakan antara pleci jantan dan betina. Tapi bagaimana dengan yang masih pemula?

Jika dilihat sekilas, burung pleci jantan dan burung pleci betina memang mempunyai kemiripan secara fisik dan juga warnanya. Untuk membedakannya, ada beberapa hal yang harus betul-betul diperhatikan agar lebih akurat.

perbedaan pleci jantan dan betina

Di bawah ini, saya sudah membahas secara lengkap perbedaan pleci jantan dan betina berdasarkan ciri ciri fisik dan tingkah lakunya. Jadi nantinya, selain dapat membedakan secara fisik, Anda juga dapat membedakan pleci jantan dan betina melalui tingkah lakunya.

Perbedaan pleci yang ada di dalam artikel ini bukan hanya bisa dilakukan untuk burung pleci dewasa saja, tetapi juga bisa diterapkan pada burung pleci Anda yang masih muda, anakan, bakalan, trotol atau yang jenis yang lainnya.

Agar Anda dapat memahami apa yang akan di bahas di bawah ini dengan baik, maka baca sebaiknya Anda membaca artikel ini dengan perlahan dan teliti agar tidak ada yang terlewatkan.

2 Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina 


Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, disini saya akan berikan 2 cara membedakan pleci jantan dan betina, cara pertama adalah melalui fisiknya dan cara yang kedua adalah dengan melihat tingkah lakunya.

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina dari Fisiknya


perbedaan pleci jantan dan betina secara fisik

Pembahasan pertama akan saya mulai dari perbedaan pleci jantan dan pleci betina yang dapat Anda lihat melalui ciri fisiknya. Silahkan disimak artikel di bawah ini dengan baik dan benar.

Perbedaan dari Bentuk Pen atau Kloaka


kloaka pleci jantan dan betina

Pen atau kloaka adalah bagian burung yang digunakan untuk melakukan reproduksi, letaknya ada di bawah ekor. Untuk pleci jantan, biasanya mempunyai pen atau kloaka dengan bentuk yang memanjang. Selain itu, disekitaran pen atau kloaka pada pleci jantan juga biasanya akan terdapat banyak bulu. Sementara bentuk pen atau kloaka pada pleci betina biasanya lebih kecil dan bulat, serta disekitarannya tidak terlalu banyak bulu.

Perbedaan dari Warna Bulunya


Jika Anda perhatikan denga baik dan teliti, maka perbedaan pleci jantan dan betina dapat terlihat dari segi warnanya. Biasanya burung pleci jantan akan mempunyai warna bulu yang lebih terah, lebih cerah atau lebih mencolok sehingga akan lebih terlihat menawan. Sementara untuk burung pleci betina akan terlihat lebih kusam sehingga tidak begitu menarik ketika dilihat.

Perbedaan dari Postur Tubuhnya


bentuk tubuh pleci jantan dan betina

Selanjutnya, Anda dapat melihat perbedaan pleci jantan dan betina dari segi ukuran tubuhnya. Biasanya, ukuran tubuh pleci jantan itu bentuknya lebih kecil, padat dan juga memanjang. Sementara pleci betina ukuran tubuhnya cenderung lebih pendek, serta bentuknya yang lebih bulat.

Perbedaan dari Bentuk Paruhnya


Pada umumnya, burung pleci jantan mempunyai bentuk paruh yang cenderung lebih pendek, jika diperhatikan dengan lebih teliti lagi, bentuknya pun terlihat lebih tebal dan teksturnya kasar. Sementara pleci betina mempunyai paruh yang ukurannya lebih panjang, namun lebih terlihat lebih tipis dengan tektur yang lebih halus.

Perbedaan dari Klep Matanya


Klep adalah lingkaran yang biasanya terdapat pada sekitaran burung pleci, maka dari itu burung pleci juga sering disebut dengan burung kacamata. Ternyata, klep burung pleci juga dapat Anda perhatikan untuk cara membedakan pleci jantan dan betina. Jika dilihat dengan baik dan benar, burung pleci jantan akan mempunyai klep mata yang tebal dengan garis yang putus-putus. Sementara pleci betina mempunyai klep mata yang lebih tipis tapi dengan garis yang nyambung (tidak putus-putus).

Perbedaan dari Bentuk Kepalanya


bentuk kepala pleci jantan dan betina

Perbedaan yang satu ini bisa Anda lihat apabila Anda benar-benar serius memperhatikannya. Jika diperhatikan dengan benar, burung pleci jantan mempunyai bentuk kepala yang lebih bulat dan besar. Sementara yang betina mempunyai bentuk kepala yang lebih kecil dan juga sedikit ramping.

Perbedaan dari Ekornya


Perbedaan yang satu ini akan lebih terlihat jika burung pleci saling berdampingan. Tapi walaupun tidak berdampingan, tetap masih bisa terlihat. Burung pleci jantan biasanya mempunyai ukuran ekor yang lebih panjang, selain itu bentuk ujungnya juga terlihat lebih runjing seperti huruf V. Sementara pleci betina ukuran ekornya lebih pendek dan bentuk ujung ekornya lebih tumpul, rata atau seperti huruf U.

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina dari Tingkah Lakunya


Selain secara fisik, Anda juga masih bisa membedakan burung pleci jantan dan burung pleci betina melalui tingkah lakunya. Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan seperti yang sudah dijelaskan di bawah ini.

Tingkah Laku Ketika Terkena Air


Anda dapat melihat perbedaan kedua burung pleci jantan dan betina dari prilaku khusus ketika kepala keduanya disemprotkan air. Caranya, Anda semprotkan air ke kepala burung tersebut saat berada di dalam kandang ombyokan.

Baca Juga: Racikan Makanan dan Minuman Harian Pleci Agar Gacor

Apabila pupil mata burung pleci tersebut mengecil dan terlihat bulu kepalanya seperti mengeluarkan jambul, maka burung tersebut berkelamin jantan. Sedangkan yang betinanya ketika disemprotkan air tidak menunjukan hal yang ada pada ciri jantan tersebut.

Perbedaan dari Gerakannya


Pada umumnya, burung pleci jantan itu mempunyai sifat yang agresif serta lincah ketika di dalam kandang. Selain itu, pleci jantan juga lebih mudah berkelahi ketika disatukan dengan pleci lain. Sementara yang betinanya akan terlihat lebih tenang dan pediam, ketika disatukan dengan pleci lain juga tidak akan saling berkelahi.

Perbedaan dari Suara Kicaunya


Untuk melakukan cara yang satu ini dibutuhkan ketelitian yang tinggi serta pengalaman yang matang. Pasalnya, untuk membedakan pleci jantan dan betina dari segi suara tidaklah mudah. Jika Anda belum berpengalaman, sebaiknya minta tolong pada orang yang betul-betul berpengalaman saja.

Jika didengarkan, suara burung pleci jantan akan terdengar lebih nyaring dan juga lebih mengkristal. Sementara yang betina terdengar biasa saja dan tidak terlalu jernih.

Baca Juga: Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Dengan Akurat

Agar lebih jelas lagi dan lebih singkat, Anda juga bisa melihat ciri ciri dari burung pleci jantan dan betina ini. Sehingga nantinya akan lebih mudah lagi untuk membedakannya. Berikut ini ciri ciri burung pleci yang bisa Anda lihat.

Ciri Ciri Pleci Jantan



  1. Mempunyai ekor yang panjang dan runcing seperti huruf V
  2. Bentuk kepalanya lebih bulat dan besar
  3. Klep matanya lebih tebal dan terlihat putus-putus
  4. Pen atau kloakanya berbentuk memanjang dan terdapat bulu disekitarnya
  5. Paruhnya lebih pendek, tebal dan juga kasar
  6. Warna pada bulunya lebih cerah
  7. Postur tubuhnya lebih panjang
  8. Terdapat warna hitam pada bagian kiri dan kanan tenggorokannya


Ciri Ciri Pleci Betina



  1. Bentuk ekornya lebih pendek dan tumpul atau rata seperti huruf U
  2. Bentuk kepalanya lebih kecil dan ramping
  3. Klep matanya lebih tebal dan juga menyambung
  4. Pen atau kloakanya lebih bulat dan tidak terlalu banyak bulu
  5. Ukuran paruhnya lebih panjang, tipis dan teksturnya halus
  6. Warna pada bulunya terlihat lebih kusam
  7. Postur tubuhnya lebih bulat dan pendek
  8. Terdapat warna merah muda pada bagian tenggorokannya


Nah itu dia pembahasan tentang cara membedakan burung pleci jantan dan betina lengkap dengan ciri ciri fisik serta tingkah lakunya. Semoga pembahasan perbedaan pleci ini bisa memberikan manfaat untuk Anda serta memberikan informasi yang berharga. Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di dalam blog ini ya, dan silahkan di share di sosial media Anda jika Anda suka dengan pembahasan kali ini.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "10 Perbedaan Pleci Jantan dan Betina dari Fisik dan Prilakunya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel