2 Tips Cara Menjinakkan Burung Kacer yang Baik dan Benar

Loading...
Loading...
Cara Menjinakkan Burung Kacer - Biasanya, burung kacer yang masih giras adalah burung yang berasal dari tangkapan hutan atau alam liar, sehingga mereka masih belum terbiasa dengan kondisi lingukangan yang ramai dan berdekatan dengan keberadaan manusia.

Usia burung kacer giras pun biasanya adalah yang masih bakalan atau masih trotol. Namun tak jarang juga ada yang sudah berusia dewasa.

Kacer mania banyak yang percaya bahwa burung kacer yang masih dalam kondisi setengah jinak akan tampil dengan performa yang maksilam saat akan di ikut sertakan dalam perlombaan.

burung kacer giras

Tapi jika terlalu giras juga tidak baik, sebab dapat menyebabkan menurunnya performa saat tampil di perlombaan. Kalau sudah seperti itu, hal yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu cara menjinakkan burung kacer tersebut, agar nantinya ia dapat tampil dengan maksimal kembali.

Selain menurunnya penampilan saat lomba, burung kacer yang giras juga dapat menyulitkan Anda ketika akan merawatnya. Saat di kandang ia akan terbang tak terkendali sampai menabrak sangkar, hal ini bisa membuat tubuhnya luka.

Kacer yang terlalu giras juga akan jarang bunyi. Mungkin suara burung kacer baru akan terdengar ketika ia ditempatkan ditempat yang sepi dan jauh dari manusia.

Tentu saja hal itu tidak akan Anda senangi bukan?

Sebagai solusinya, Anda harus mengetahui bagaimana cara menjinakkan burung kacer yang masih giras agar lebih jinak lalat.

Di dalam postingan ini, saya akan berikan cara menjinakkan burung kacer yang bisa dengan rutin Anda lakukan. Teratment khusus agar kacer giras menjadi jinak lalat ini dapat Anda lakukan untuk burung kacer jenis dada putih ataupun yang lainnya.

Anda juga bisa menggunakan cara menjinakkan burung kacer ini untuk semua usia burung kacer yang Anda miliki, mulai dari yang masih bakalan, trotolan ataupun yang sudah dewasa sekalipun.

Namun perlu di ingat bahwa tidak ada yang instan dalam menjinakkan burung kacer. Semuanya butuh kesabaran dan ketekunan dalam melakukannya.

Tips Cara Menjinakkan Burung Kacer


Setidaknya, ada dua cara yang akan saya berikan untuk Anda yang ingin tau cara menjinakkan burung kacer yang sudah terbukti ampuh ini. Kedua cara ini nantinya bisa Anda pilih sesuai dengan kesanggupan dan kemampuan Anda. Berikut ulasannya.

Terapi Cara Menjinakkan Kacer yang Pertama


Dihari pertama, Anda dapat menutup full sangakar burung kacer menggunakan koran, jangan lupa untuk melubangi pada bagian pintunya, agar Anda bisa memberikan makan dan minum pada burung kacer melalui lubang tersebut.

Tujuan dari ditutupnya sangkar burung kacer ini adalah agar burung kacer dapat merasa lebih tenang dan lebih nyaman.

Setelah semuanya tertutup rapih, selanjutnya Anda gantungkan sangkar burung yang sudah tertutup koran tersebut di tempat yang terang dan sering dilalui oleh manusia.

Gantungkan sangkar di tempat yang tidak terlalu tinggi, kurang lebih tingginya sekitaran kepala Anda saja. Lakukan cara ini selama satu minggu penuh dengan terus memberikannya makan seperti biasa. Pada saat ini, jangan dulu memandikan burung kacer, biarkan saja burung tanpa dimandikan.

Setelah seminggu berlalu, baru Anda masukkan cepuk kedalam sangkar burung kacer. Tujuannya agar burung kacer dapat mandi dengan sendirinya, jangan di paksa. Diamkan lagi selama satu minggu.

Di minggu ketiga, coba buka koran penutup sangkar pada sisi bagian kirinya saja, tujuannya agar burung kacer dapat melihat kondisi lingkungan pada bagian sangkar yang kiri. Diamkan selama satu minggu.

Minggu keempat, buka penutup koran pada sangkar yang bagian kanan, tujuannya agar burung kacer dapat beradaptasi dan mengenal lingkungannya yang bagian kanan. Biarkan dulu selama satu minggu.

Minggu kelima, buka penutup koran bagian depan dan belakang sangkar. Dalam tahap ini, burung kacer masih sedikit giras, namun sudah sedikit lebih tenang dan masih ada rasa takut dengan manusia. Biarkan proses ini berlangsung selama kurang lebih 2 minggu.

Pada awal minggu ketujuh, ajarkan burung untuk mandi dengan cara memasukannya kedalam karamba mandi burung. Tunggu sampai burung kacer mandi sendiri. Lakukan cara ini kurang lebih 2 kali sehari pada pagi jam 07:00 dan sore jam 16:00.

Malam harinya, mandikan lagi burung kacer dengan cara disemprot menggunakan air hangat kuku, lalu angin-anginkan diluar rumah kurang lebih selama 30 menit.

Setelah itu, masukkan burung kacer ke dalam rumah tapi tidak usah di kerodong. Usahakan sangkar burung kacer diletakkan di ruangan yang banyak aktifikat manusianya seperti ruang menonton telivisi dan lain sebagainya, agar burung kacer terbiasanya dengan hadirnya manusia.

Baca Juga: Cara Perawatan Kacer Mabung yang Baik dan Benar

Jika burung kacer mempunyai mental yang baik, maka dalam kurun waktu 1 sampai 2 bulan burung kacer akan lebih jinak dan terbiasa dengan hadirnya manusia.

Cara Menjinakkan Burung Kacer yang Kedua


Cara menjinakkan burung kacer yang kedua ini bisa Anda lakukan apabila Anda masih kurang cocok dengan cara yang pertama. Cara yang kedua ini juga bisa membuat burung kacer Anda yang giras menjadi jinak lalat.

Pertama yang mesti Anda lakukan untuk menjinakkan burung kacer yang giras adalah dengan mengkerodong secara full kandang burung kacer yang Anda miliki, lalu gantangkan di tempat yang tenang selama satu hari full. Jangan lupa untuk terus memberikannya makan dan minum.

Besoknya, buka kerodong dengan perlahan, jangan sampai pintu kandang terbuka agar burung kacer Anda tidak lepas.

Ambil tempat makan dan tempat minum kacer dari kandangnya, lalu diamkan kandang kacer di bawah selama beberapa menit. Tujuannya agar burung kacer dapat terbiasa dengan aktifikat manusia disekitarnya. Terus awasi kandang kacer Anda agar tidak terjadi resiko burung dimakan kucing atau diambil orang.

Selanjutnya, mandikan kacer dengan cara di semprot sampai ia basah kuyup. Anda juga bisa memandikan burung kacer dengan cara di keramba jika kacer Anda sudah terbiasa mandi keramba.

Angin-anginkan burung kacer dengan menaruh kandangnya di bawah dan terkena sinar matahari. Tunggu hingga bulunya mengering.

Setelah bulu kacer mengering, selanjutnya Anda beri makan kacer Anda dengan jangkrik menggunakan tangan. Jika masih ketakutan, Anda bisa memberi makan jangkrik menggunakan lidi.

menjinakkan burung kacer

Setelah selesai makan, gantangkan kandang burung kacer di tempat yang teduh, masukkan kembali tempat makan dan minum kedalam kandang. Biarkan proses ini selama beberapa saat sampai burung kacer mulai tenang kembali.

Baca Juga: Makanan Burung Kacer Terbaik Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Setelah itu, tutup kembali kandang burung kacer menggunakan kerodong yang tipis, lalu gantangkan kembali ditempat yang agak ramai. Hal ini bertujuan agar burung kacer dapat terbiasa dengan kondisi yang ramai.

kerodong burung kacer

Sore menjelang malam, gantangkan kandang burung kacer di ruangan yang ramai aktifitas seperti ruang tamu atau ruang menonton televisi. Tapi jangan sabil dimainkan, tujuannya agar burung kacer menganggap Anda dan keluarga bukanlah hal yang berbahaya.

Malam harinya, Anda mandikan lagi burung kacer sampai basah kuyup, lalu angin-anginkan kembali sambil diberi makan 2 atau 3 ekor jangkrik menggunakan tangan atau lidi.

Esok paginya, kacer di embunkan sambil diberi makan jangkrik dan kroto kurang lebih 1 sendok teh. Lalu biarkan burung kacer agar ia mau berkicau kembali.

Lakukan cara ini setiap hari dengan rutin. Jika burung kacer Anda mempunyai mental yang bagus, maka dalam waktu kurang lebih 2 minggu, burung kacer Anda akan bisa menjadi jinak lalat.

Jika dalam waktu yang sudah lama tetapi burung kacer Anda masih saja giras, maka Anda bisa menambah waktu mandi burung kacernya. Yang biasanya sehari sekali jadi sehari dua kali, yang tadinya sehari dua kali jadi sehari tiga kali. Begitu seterusnya.

Itu dia pembahasan tentang cara menjinakkan burung kacer yang masih giras agar dapat jinak lalat. Memang tidak bisa instan. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam melakukannya. Semoga apa yang sudah disampaikan bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "2 Tips Cara Menjinakkan Burung Kacer yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel