Makanan Burung Kolibri Terbaik dan Bergizi Tinggi

Loading...
Loading...
Makanan Burung Kolibri - Burung kolibri adalah jenis burung pemakan nektar bunga. Maka dari itu makanan burung kolibri juga berbeda dari kebanyakan burung lainnya.

Semua jenis burung kolibri seperti kolibri ninja, kolibri sriganti, kolibri kelapa, kolibri manggar, kolibri wulung dan juga kolibri sepah raja merupakan pemakan nektar bunga.

Selain itu, di alam liar juga burung kolibri sering memakan serangga sebagai makanan tambahannya yang berguna untuk asupan protein dan nutrisi dalam tubuhnya.

Makanan Burung Kolibri

Dalam satu hari, burung kolibri sangat membutuhkan energi yang besarnya dua kali lipat dari pada berat badannya. Hal ini terjadi karena burung kolibri adalah burung yang memiliki metabolisme tubuh yang cepat.

Tidak sedikit para kicau mania yang masih salah paham dalam memberi makan burung kolibri. Mereka berpikir bahwa dengan memberi makan air gula dan madu setiap hari sudah cukup untuk pakan kolibri.

Padahal yang seperti itu tidak tepat, akhirnya baru beberapa hari burung kolibri peliharaannya sudah terlihat lemas dan tidak lama kemudia bisa saja mati.

Banyak juga yang menyangka bahwa burung kolibri mati karena stress setelah di tangkap dari alam liar. Padahal kenyataannya adalah mereka yang salah dalam perawatannya sehingga burung kolibri terlihat kurus atau sering juga disebut nyilet.

Makanan Burung Kolibri Terbaik


Hal paling penting dalam memberi makan burung kolibri adalah harus terpenuhinya dua unsur, yaitu protein dan juga karbohidrat.

Untuk memenuhi unsur karbohidrat, Anda dapat memberi makan burung kolibri dengan minuman yang manis seperti halnya air gula, madu, nektar yang diperjual belikan di toko makanan burung dan juga voer.

Sementara untuk kebutuhan protein, Anda dapat memberi makan burung kolibri dengan makanan tambahan seperti ulat balap, putih telur, kroto dan juga susu kental manis.

Baca Juga: Daftar Harga Burung Kolibri Terbaru

Untuk lebih jelasnya tentang makanan yang mengandung dua unsur tersebut, silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Makanan Burung Kolibri Sumber Karbohidrat


Salah satu unsur penting yang wajib Anda perhatikan saat memberi makan burung kolibri adalah pakan yang mengandung karbohidrat. Apa saja itu? Silahkan simak di bawah ini.

Air Gula


air gula makanan burung kolibri

Air gula bisa Anda berikan pada burung kolibri sebagai pengganti nektar. Anda dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Selain menggunakan gula pasir, Anda juga bisa membuatnya menggunakan gula batu, gula merah ataupun sirup. Caranya tinggal larutkan gula dalam air secukupnya, lalu berikan pada burung kolibri.

Madu


madu makanan burung kolibri

Jika Anda ingin yang lebih alami, maka Anda bisa berikan burung kolibri makanan berupa madu. Madu ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan karakter fighter dan juga meningkatkan birahi burung kolibri.

Nektar


nektar makanan burung kolibri

Nektar ini dapat Anda temukan di toko makanan burung dengan harga dan merk yang beragam. Nektar yang di buat pabrikan biasanya sudah mengandung vitamin, mineral dan protein yang bagus untuk perkembangan burung kolibri. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot lagi dalam memberikan pakan harian burung kolbiri Anda.

Voer


voer makanan burung kolibri

Tidak semua burung kolibri menyukai voer, tapi ada beberapa jenis burung kolibri yang menyukai voer seperti burung kolibri manggar dan juga kolibri wulung.

Baca Juga: Makanan Burung Parkit Terbaik

Memang tidak mudah untuk mengajari burung kolibri makan voer karena bentuk dari paruh burung kolibri yang pipih sehingga membuat ia rentan terdesak saat makan voer.

Tapi jika Anda ingin membiasakan burung kolibri makan voer, ada beberapa langkah yang mesti Anda lakukan

  • Pertama kali, biarkan burung kolibri makan makanan seperti biasa. Keesokan harinya coba taburkan sedikit saja voer halus di atas makanan burung kolibri (nekar, madu atau air gula), hal ini bertujuan agar burung kolibri dapat mengenali rasa voer (tidak kaget),
  • Esok harinya, taburkan lagi voer dengan porsi yang sedikit lebih banyak agar ia lebih terbiasa dengan voer,
  • Di hari ke empat sampai denga ke enam, isi penuh voer di atas makanan burung kolibri,
  • Hari ketujuh sampai dengan ke sepuluh, hilangkan nektar dan ganti dengan voer lembut. Perhatikan, jika pada tahap ini tidak terjadi konstipasi, Anda bisa melanjutkan prosesnya,
  • Hari ke sebelas sampai dengan hari ke empat belas, berikan voer kasar sedikti demi sedikit. Perhatikan, jika pada tahap ini tidak terjadi konstipasi, Anda bisa melanjutkan prosesnya.


Jika proses di atas dilakukan dengan lancar, maka lama kelamaan paruh burung kolibri akan beradaptasi dengan voer, sehingga nantinya burung kolibri akan terbiasa memakan voer.

Makanan Burung Kolibri Sumber Protein


Tak kalah pentingnya, sumber protein pada pakan burung kolibri juga harus Anda perhatikan agar bisa tetap seimbang. Untuk itu berikan pakan di bawah ini.

Kroto


kroto makanan burung kolibri

Kroto adalah telur semut, biasanya telur semut rangrang. Anda bisa dengan mudah menemukan kroto di tempat yang menjual makanan burung. Tapi ada beberapa waktu dimana kroto sulit di dapat (langka), sehingga membuat harga kroto menjadi mahal dan Anda wajib mencari makanan pengganti lainnya.

Kandungan protein di dalam kroto memang sangat bagus untuk semua jenis burung kicau termasuk kolibri. Selain itu, kandungan gizi pada kroto juga bagus untuk membuat suara kicau burung kolibri menjadi lebih gacor.

Ulat Balap (UB)


ulat balap makanan burung kolibri

Tidak kalah dengan kroto, ulat balap atau ada juga yang menyebutnya dengan ulat kandang memiliki kandungan protin yang tinggi dan tentu saja bagus untuk perkembangan burung kolibri. Anda dapat memberikan ulat balap pada burung kolibri sebagai pengganti kroto apabila kroto sedang langka di pasaran dan harganya sedang tinggi.

Putih Telur


putih telur makanan burung kolibri

Mungkin Anda sudah tahu juga bahwa putih telur adalah makan yang mengandung protein, bukan hanya baik untuk tubuh manusia, protein pada putih telur juga bagus untuk perkembangan burung kolibri. Cara memberikannya adalah merebusnya terlebih dahulu sampai matang, setelah itu cincang sampai halus, setelah halus baru Anda bisa berikan pada burung kolibri.

Susu Kental Manis


susu kental manis

Jika Anda baru saja mendapatkan burung kolibri yang di tangkap dari alam liar, maka kemungkinan besar ia masih enggan untuk makan kroto dan ulat sebagai makanan asupan proteinnya. Solusi dari hal ini adalah Anda memberikan susu kental manis sebagai pengganti air gula, sebab susu kental manis juga banyak mengandung protin yang baik untuk burung kolibri.

Makanan Burung Kolibri Lainnya


Ada satu lagi yang mungkin bisa Anda coba berikan pada burung kolibri. Makanan ini juga sering diberikan para pecinta kolibri pada burung peliharaannya.

Makanan tersebut adalah buah jeruk. Buah jeruk dipercaya dapat meningkatkan stamina dari burung kolibri. Selain itu, buah jeruk juga berfungsi untuk menjernihkan suara burung kolibri. Tapi sayangnya, tidak semua burung kolibri suka dengan buah jeruk.

Simak Juga: Download Suara Burung Kolibri Ninja mp3 Full Isian

Dari beberapa jenis makanan burung kolibri di atas, silahkan Anda sesuaikan mana yang akan Anda berikan sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "Makanan Burung Kolibri Terbaik dan Bergizi Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel