Daftar Harga Ikan Cupang Berdasarkan Jenisnya Terbaru 2019

Loading...
Loading...
Harga Ikan Cupang - Hallo.. Selamat datang di blog unsur rimba.. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan share kepada Anda tentang harga ikan cupang berdasarkan jenisnya terbaru 2019.

Untuk namanya sendiri, ikan cupang itu memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Salah satu sebutan ikan cupang adalah ikan laga. Untuk bahasa latinnya, ikan cupang memiliki nama latin Betta.

Pembahasan harga ikan cupang kali ini adalah pembahasan yang paling sering ditanyakan oleh orang yang baru pertama kali menggeluti dunia percupangan.

Untuk itu, sekarang saya akan coba bahas secara berurutan mulai dari harga ikan cupang yang paling murah sampai dengan harga ikan cupang yang paling mahal, baik itu jenis cupang aduan maupun cupang hias terbaru saat ini.

Harga Ikan Cupang

Sekedar info aja nih, kalau belakangan ini harga ikan cupang sedang mengalami masa kenaikan. Hal ini bisa terjadi karena semakin tingginya permintaan pasar.

Salah satu yang menyebabkan tingginya permintaan pasar untuk ikan cupang adalah karena seringnya diadakan perlombaan ikan cupang aduan dan kontes ikan cupang hias sehingga banyak masyarakat yang lebih mengenal tentang keragaman jenis dari ikan cupang itu sendiri.

Selain itu, sekarang juga sudah banyak bermunculan jenis ikan cupang baru yang hadir akibat banyaknya petani atau penggemar ikan cupang yang mengawin silangkan jenis ikan cupang satu dengan jenis yang lainnya. Istilah kerennya sih breeding (bener gak tulisannya?) wkwkwk

Oke tanpa banyak basa-basi lagi, mari kita mulai pembahasan tentang harga ikan cupang berikut ini.

Harga Ikan Cupang Berdasarkan Jenisnya


Perlu diperhatikan bahwa daftar harga ikan cupang yang ada di bawah ini mungkin saja bisa berbeda antara daerah satu dengan daerah yang lainnya. Tapi meskipun berbeda, biasanya perbedaan harga ini tidak akan terlampau jauh.

Harga Ikan Cupang Hias


harga ikan cupang hias

Ikan cupang hias memiliki beberapa jenis turuan lagi, diantaranya adalah jenis halfmoon, koi, cello, serit, slayer, emerald, kuping gajah dan lain sebagainya. Penilaian harga ikan cupang hias dilihat dari bentuk tubuh, sirip, ekor dan juga corak warnanya.

Apa bila warna dan bentuk tubuhnya semakin mendekati sempurna, maka harga ikan cupang tersebut juga akan semakin mahal.

Rata-rata harga ikan cupang hias di pasaran mulai dari Rp. 20.000 per ekor sampai dengan jutaan rupiah.

Saya pernah melihat sebuah video di youtube tentang seseorang yang membeli jenis ikan cupang hias koi dengan harga 3 juta rupiah sepasang. Luar biasa bukan?

Harga Ikan Cupang Aduan


harga ikan cupang aduan

Secara umum, jenis ikan cupang aduan terdiri dari 2 jenis, yaitu ikan cupang plakat dan ikan cupang giant. Namun dari dua jenis ini terdapat turunannya lagi yang mungkin akan bertambah juga jenisnya karena masih banyak petani yang terus dan terus berexperimen mengawin silangkan antara jenis ikan satu dengan jenis yang lainnya.

Harga ikan cupang aduan biasanya dinilai dari ukuran tubuh serta ketangkasannya dalam bertarung. Untuk ukuran 5 sampai dengan 7 cm biasanya dijual dengan harga Rp. 15.000 per ekor. Sementara ukuran yang lebih besar yaitu 8 sampai dengan 10 cm biasanya dijual dengan harga Rp. 50.000 per ekor.

Itu adalah harga ikan cupang dari jenis secara umum, sekarang kita bahas harga ikan cupang berdasarkan jenisnya yang lebih rinci lagi. Simak di bawah ini..

Harga Ikan Cupang Halfmoon


harga ikan cupang halfmoon

Sesuai dengan namanya, ikan jenis ini memiliki sirip ekor yang bentuknya seperti setengah bulan yang melebar.

Antara sirip pungguh, perut dan ekor saling bersentuhan, tidak ada jarak sehingga akan terlihat sangat indah. Hal ini juga yang menentukan nilai jual dan harga ikan cupang halfmoon.

Cupang Halfmoon Harga
Anakan Cupang Halfmoon Rp. 40.000
Cupang Halfmoon Jantan Rp. 80.000
Indukan Cupang Halfmoon Rp. 100.000
Cupang Halfmoon Juara Rp. 500.000

Harga Ikan Cupang Fancy


harga ikan cupang fancy

Ikan cupang fancy adalah ikan yang berasal dari Thailand. Thailand adalah negara asal dari beberapa jenis ikan cupang dengan kualitas unggulan. Salah satunya adalah fancy.

Untuk daya tarik dari ikan cupang fancy terletak pada degradasi warna pada sirip ekor dan tubuhnya. Semakin cantik warnanya, maka harga ikan cupang fancy juga akan semakin mahal.

Cupang Fancy Harga
Anakan Cupang Fancy Rp. 100.000
Cupang Fancy Jantan Rp. 300.000
Indukan Cupang Fancy Rp. 350.000
Cupang Fancy Juara Rp. 2.000.000

Harga Ikan Cupang Serit


harga ikan cupang serit

Sesuai dengan namanya, ikan cupang serit memiliki bentuk sirip yang menyerit seperti sisir dengan bentuk yang tidak beraturan. Sekilas bentuknya seperti ikan yang baru bertarung dengan sirip yang nampak sobek-sobek. Tapi jangan salah, justru disitulah daya tarik dari ikan cupang jenis ini.

Baca Juga: Makanan Ikan Cupang Terbaik Bergizi Tinggi

Banyak orang yang justru menyukai ikan cupang serit sehingga harga ikan cupang serit juga menjadi semakin mahal karena hal itu.

Cupang Serit Harga
Anakan Cupang Serit Rp. 15.000
Cupang Serit Jantan Rp. 40.000
Indukan Cupang Serit Rp. 60.000
Cupang Serit Juara Rp. 300.000

Harga Ikan Cupang Slayer


harga ikan cupang slayer

Mungkin Anda mengira bahwa ikan cupang slayer dan ikan cupang halfmoon adalah satu jenis. Memang jika sekilas, kedua jenis ikan cupang ini tidak jauh berbeda, namun jika dilihat secara teliti, ikan cupang slayer memiliki bentuk sirip ekor yang lancip seperti ikan cupang serit. Hal ini karena ikan cupang slayer adalah ikan cupang hasil persilangan antara halfmoon dan serit. Harga ikan cupang slayer dapat Anda lihat pada tabel berikut ini.

Cupang Slayer Harga
Anakan Cupang Slayer Rp. 20.000
Cupang Slayer Jantan Rp. 50.000
Indukan Cupang Slayer Rp. 60.000
Cupang Slayer Juara Rp. 300.000

Harga Ikan Cupang Double Tail


harga ikan cupang double tail

Sesuai dengan namanya, jenis ikan cupang yang satu ini memiliki sirip ekor yang bercabang atau ganda. Tidak sedikit orang yang menyangka bahwa hal tersebut adalah akibat dari kelainan genetik atau akibat dari pertarungan. Tetapi itu salah, karena ikan cupang double tail memang seperti itu. Bahkan ikan jenis ini termasuk ikan cupang langka yang harganya pun bisa sangat mahal. Untuk melihat harga ikan cupang double tail silahkan simak di bawah ini.

Cupang Double Tail Harga
Anakan Cupang Double Tail Rp. 50.000
Cupang Double Tail Jantan Rp. 100.000
Indukan Cupang Double Tail Rp. 120.000
Cupang Double Tail Juara Rp. 1.500.000

Harga Ikan Cupang Giant


harga ikan cupang giant

Ikan cupang yang satu ini juga diberinama seperti ini karena memang ukuran tubuhnya yang besar. Asal dari ikan ini adalah dari negara Thailand. Ikan ini adalah ikan jenis aduan yang sangat agresif dan tergolong kuat dalam bertarung. Harga ikan cupang giant adalah sebagai berikut.

Cupang Giant Harga
Anakan Cupang Giant Rp. 20.000
Cupang Giant Jantan Rp. 50.000
Indukan Cupang Giant Rp. 80.000
Cupang Giant Juara Rp. 200.000

Harga Ikan Cupang Plakat


harga ikan cupang plakat

Plakat adalah jenis ikan cupang aduan yang postur tubuhnya sangat besar. Ikan cupang plakat sangat sulit di dapatkan, sehingga harganya sangat mahal. Ukurannya tidak jauh beda dengan ikan cupang giant.

Yang membedakan dari keduanya adalah dari segi warna. Plakat cenderung lebih memiliki warna yang indah. Maka tak heran jika cupang plakat juga sering dijadikan sebagai cupang hias. Harga ikan cupang plakat adalah sebagai berikut.

Cupang Plakat Harga
Anakan Cupang Plakat Rp. 60.000
Cupang Plakat Jantan Rp. 150.000
Indukan Cupang Plakat Rp. 180.000
Cupang Plakat Juara Rp. 2.000.000

Harga Ikan Cupang Koi


harga ikan cupang koi

Ikan cupang jenis ini diberi nama koi karena corak warnanya yang beraneka ragam seperti ikan koi. Warna yang beragam tersebut mulai dari warna merah, kuning, orange, biru, silver, hitam dan lain-lain.

Ikan cupang koi yang memiliki corak warna yang banyak biasanya menjadi daya tarik yang lebih sehingga membuat harganya semakin mahal.

Ikan cupang jenis ini juga sering sekali diikut sertakan dalam perlombaan dengan penilaian yang berbeda-beda.

Selain itu, jenis dari ikan cupang koi juga beraneka ragam, diantaranya adalah ikan cupang plakat koi yang harganya mulai dari Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 1.000.000, Ikan cupang giant koi yang harganya mulai dari Rp. 40.000 sampai dengan Rp. 1.000.000, ikan cupang fancy koi yang harganya mulai dari Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 2.000.000, ikan cupang plakat koi emerald / candy yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah dan ikan cupang halfmoon koi yang harganya mulai dari Rp. 200.000 sampai dengan Rp. 3.000.000.

Harga Ikan Cupang Alam


harga ikan cupang alam

Ikan cupang liar atau alam adalah jenis ikan cupang asli yang belum mengalami kawin silang. Harga dan jenis dari ikan cupang ini juga sangat relatif mulai dari yang gratis sampai dengan ratusan ribu tergantung dari tingkat kelangkaannya.

Beberapa diantara jenis ikan cupang alam atau liar adalah cupang sawah, cupang paradise, cupang sarawak, cupang surga, cupang emas, betta miniopinna, cupang uberis dan cupang cocina.

Habitab asli dari ikan cupang ini adalah di persawaan, rawa-rawa dan juga di sungai.

Bagaiamana, banyak sekali bukan jenis dari ikan cupang ini? Harga ikan cupang juga bermacam-macam, jadi tidak bisa dipukul rata..

Sebetulnya masih ada satu yang ingin saya lampirkan, yaitu jenis dan harga ikan cupang kuping gajah atau gian ear. Namun saya masih belum mendapatkan informasi lengkap tentang harga ikan cupang ini. Tapi katanya, ikan cupang kuping gajah ini adalah ikan cupang halfmoon atau bisa dikatakan masih satu jenis. Entah saya belum tahu sedalam itu tentang ikan cupang kuping gajah ini.

Yang saya lihat paling murah itu harganya Rp. 12.000 dan yang paling mahal adalah ratusan ribu. Namun itu masih belum pasti karena saya belum mendapatkan informasi lebih lengkap lagi tentang ikan cupang yang satu ini.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dalam menambah ilmu dan wawasan. Jika Ada harga dan jenis ikan cupang yang belum atau terlewat, bisa di lengkapi di kolom komentar dengan cara yang baik ya. Terima kasih sudah berkunjung.
Loading...

Dapatkan Informasi Terbaru dari Blog Unsur Rimba Dengan Mengisi Email Anda di Bawah Ini:

0 Response to "Daftar Harga Ikan Cupang Berdasarkan Jenisnya Terbaru 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel